Atap Terminal Bandara Kertajati Selesai Akhir Januari

MAJALENGKA, (BIJB),- Memasuki awal 2018 ini pemasangan atap di terminal Bandar udara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, sudah memasuki tahap akhir. Kanopi atap dengan bentangan luas sekitar 40 ribu m2 direncanakan selesai akhir Januari 2018.

Manajer Konstruksi KSO Wika – PP Sinung Jayadi menyatakan, proses pemasangan atap ini, pengembang membaginya ke dalam dua bagian. Proses pertama yakni main building yang meliputi konstruksi dimana saat ini sudah 100 persen rampung. Adapun proses kedua adalah pemasangan kanopi yang baru terpasang empat thrust dari tujuh secara keseluruhan.

“Kalau untuk kanopi dari tujuh trash baru terpasang empat trash. dari rangka utama kanopi selesai pertengahan bulan ini kalau atap semuanya akan selesai di akhir Januari ini,” ujar Sinung dalam wawancaranya baru-baru ini.

Dia menambahkan, susunan atap baja tersebut dipasang menggunakan sistem mega span. Baja seamles sebagai plafond bergelombang yang menjadi ikon bandara tersebut dihadirkan langsung dari negara Jerman. Adapun atap didatangkan dari Cina.

“Seluruh material import ini sekarang sudah masuk,” sebutnya.

Dia berharap pemasangan atap ini tidak terkendala cuaca jika ingin selesai sesuai target. Pasalnya, pemasangan atap memang dinilai cukup krusial ‎karena akan juga memengaruhi pada pengerjaan lainnya khususnya bagian interior yang ada di lantai tiga bandara khususnya.

“Kendala sejauh ini memang hujan saja. Kalau hujan harus nunggu kering itu bisa sampai empat jam,” jelasnya.

Dia menyatakan, susunan atap terminal utama penumpang akan berbentuk gelombang dengan ujung atap memuncak layaknya bangunan khas Jawa Barat. Ini terinspirasi dari bentuk sayap burung merak.

“Konsepnya atap meta dan membran. membrannnya melengkung. Nanti memang seperti burung merak. Jadi atapnya kalau dilihat dari atas seperti burung merak,” imbuhnya.