Bandara Kertajati Akan Bisa Didarati Pesawat Terbesar di Dunia

Suara.com – Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, Agus Santoso, merasa optimistis Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, dapat beroperasi pada 2018. Bandara tersebut direncanakan mampu didarati oleh pesawat terbesar di dunia.

Sebagaimana diketahui, pembangunan sisi udara seperti runway atau landasan pacu Bandara Kertajati atau resminya bernama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) merupakan kewajiban Pemerintah Pusat, dalam hal ini adalah Kementerian Perhubungan. Adapaun pembangunan darat merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai Badan usaha Milik Daerah (BUMD).

Agus menegaskan bahwa pihaknya bertekad untuk menyelesaikan sisa pembangunan runway sepanjang 500 meter. Sebelumnya, Kemenhub telah menyelesaikan pembangunan runway sepanjang 2.500 meter di bandara tersebut.

“Kalau dari Kemenhub kan PR-nya dari sisi udara, kan 2.500 meter yang sudah ada, ke depan kita bangun 500 lagi. Jadi totalnya ada 3.000 meter,” kata Agus di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (28/5/2017).

Sementara itu, mengenai sisa lahan yang harus dibebaskan, pihak Kemenhub menyerahkan kepada pemerintah daerah untuk segera menyelesaikan. Sehingga, target pengoperasian tetap terjadi pada tahun 2018.

“Masalah pembebasan tanah tanggung jawab pemda. Ini kita pegang janjinya pemda, ditargetkan 2018 sudah beroperasi. Kalau sisi udara (runway) mah awal (2018) kalau dari sisi udara,” tutur dia.

Dengan penambahan runway sepanjang 500 meter, sambung Agus, maka pesawat terbesar di dunia yaitu Airbus A380 dapat beroperasi di Bandara tersebut.

“Kertajati ini akan bisa men-serve pesawat yang paling gede di dunia, pesawat Airbus A380, dengan lebar runway 60 meter. Dan juga nanti juga ada solder (jalan) yang diperkeras di kiri kanan jalan, karena nanti kan engine-nya itu empat, jadi lebar itu bisa (pas) di kiri dan kanan,” tutup Agus.

Airbus A380 sendiri merupakan pesawat berbadan lebar dua tingkat dengan empat mesin yang mampu memuat 850 penumpang. Pesawat ini merupakan pesawat komersial terbesar dunia yang pernah dibuat.

Sumber: http://www.suara.com/bisnis/2017/05/30/145217/bandara-kertajati-akan-bisa-didarati-pesawat-terbesar-di-dunia (31 Mei 2017 / 15.27 WIB)