BANDARA KERTAJATI: Pemprov Jabar Siapkan Akses Non Tol

Bisnis.com, BANDUNG–Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan akses non tol menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Asisten Daerah Setda Jabar Bidang Ekonomi dan Pembangunan Eddy M Nasution memastikan pihak Kemenko Maritim sudah menetapkan agar Bandara Kertajati bisa menggelar penerbangan haji perdana pada 2018 mendatang.

“Untuk itu kami diminta untuk melakukan langkah-langkah percepatan dengan PT AP II,” ujarnya pada bisnis, Rabu (23/8/2017).

Menurutnya sebagai salah satu pemilik saham di PT BIJB, PT AP II diberikan keluasan mengelola bandara lewat BUBU yang dimiliki. Pemprov Jabar akan menguasai mayoritas saham minimal 51% agar tetap bertindak sebagai pengendali.

“AP II memang belum dipastikan berapa besarannya, nanti dihitung dari sisa yang masuk dari RDPT,” cetusnya.

Di sisi lain percepatan lain yang diminta Pusat pada Pemprov Jabar adalah segera menyelesaikan jalan non tol dan tol yang akan menjadi akses ke Bandara Kertajati. 

Rencananya permintaan secara resmi kementerian terkait percepatan jalan non tol akan segera dikirimkan ke Pemprov. “Itu jalan non tol pembangunannya dibiayai APBD Jabar,” pungkasnya.

Sumber: http://bandung.bisnis.com/read/20170823/5/573583/bandara-kertajati-pemprov-jabar-siapkan-akses-non-tol (23 Agustus 2017 / 14.03 WIB)