‘Cuci Mata’ di Terasering Majalengka

Kebanyakan orang, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat dikenal dengan produksi gentenganya yang khas. Tapi siapa kira kalau Majalengka ini memiliki pesona alam ciamik. Ya, Terasering Panyaweuyan, Kecamatan Argapura salah satunya yang sedang orang banyak bicarakan. Pemandangan ladang berundak hasil kreasi petani sungguh menyegarkan mata ini!

Kecamatan Argapura secara kontur ini memiliki tanah yang miring 25 sampai 40 persen. Perbukitan yang terjal dengan ketinggian sekitar 400-2000 Mdpl dimanfaatkan masyarakatnya untuk bersawah dan berkebun.
Hasil bumi yang sudah dirasakan dan menjadi unggulan yakni : bawang daun, padi, ubi jalar, bawang merah, dan sebagainya.

Terasering Panyaweuyan, merupakan destinasi argowisata. Untuk dapat menempuh ke lokasi yang pasti instagramable ini bisa dipilih melalui Terminal Maja. Dari titik kumpul tersebut kita bisa ikuti jalan yang menghadap ke Argalingga. Dari sana warga sekitar tidak dengan ragu menunjuk lokasi yang bakal kita tuju.

Kondisi jalan menuju lokasi sudah cukup baik. Hanya saja jalannya yang menyempit. Sehingga disarankan untuk datang ke lokasi bisa menggunakan sepeda motor saja atau sepeda untuk sekalian berolahraga. Saat yang paling baik untuk berada di lokasi yakni pukul 6 sampai 8 pagi. Cuaca masih terasa segar. Matahari tidak begitu terik. Jam jam tersebut dijamin bikin terhipnotis dengan keindahan alamnya.

Penggemar fotografi di sini juga akan mendapatkan gambar terbaik. Mengambil mode panorama karena pemandangan ladang yang tersusun rapi dijamin akan menjadikan tempat ini sebagai pengalaman oke. Apalagi jika dengan menggunakan video drone dan kamera. Luar biasa hasilnya.

Berbicara Majalengka. Mungkin bisa kita katakan daerah ini akan menjadi daerah masa depan Jawa Barat. Kabupaten yang semula cukup tertinggal secara pembangunan saat ini sedang berbenah. Akselerasi itu salah satunya hadir dengan kehadiran infrastruktur baru yakni Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), di Kecamatan Kertajati.

Tentu saja kehadiran bandara bertaraf internasional ini akan berimbas pada banyak sektor. Parisiwisata ini salah satunya yang sangat terasa. Perpaduan antara keindahan alam Panyaweuyan, kehidupan masyarakat pedesaan dan potensi pertanian, ini akan menjadi daya tarik wisata unggulan Majalengka.

Pesannya : Yang mau berkunjung ke sini pastinya tetap jaga keindahan alam yang sudah Tuhan berikan ya. Mungkin dengan tidak merusak dengan cara menginjak langung pesawahan dan pastinya tidak nyampah. Setujukan? / HUMAS BIJB/ Dikutip dari berbagai sumber.