Ditolak Bupati Majalengka, Tol Bandara Kertajati Harus Tetap Dibangun

Bisnis.com, BANDUNG—PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (PT BIJB) menargetkan akses tol ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka bisa terbangun 2020.

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan meski ada penolakan dari Kabupaten Majalengka, keberadaan tol tersebut vital untuk lalu lintas bandara.

Saat ini pihaknya terus membujuk Majalengka agar bisa mengakomodir keberadaan tol yang rencananya tersambung dengan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan tersebut.

Menurutnya dalam feasibility study BIJB Kertajati, sejak dioperasikan 2018 hingga 2020 jumlah penumpang dari bandara mencapai 2,7 juta orang. Sementara pergerakan taksi per hari bisa mencapai 603 unit dan bus bisa 93 unit.

“Ini dipastikan bertumbuh, sudah kami simulasikan lewat jalan non tol sampai 2020 masih bisa menampung,” tuturnya kepada Bisnis, Senin (3/4/2017).

Virda mengaku meski jalan raya Kertajati dari Kadipaten, Majalengka maupun Jatibarang, Indramayu akan diperlebar, dengan pertumbuhan pergerakan ke bandara dipastikan tidak akan sanggup menampung.

“Bupati memang belum setuju tol, karena jalan umum masih bisa dilewati tapi kalau tidak diwujudkan akan terjadi antrean parah,” katanya.