Pengobatan Gratis Kerjasama PT BIJB dengan Puskesmas Kertajati

Majalengkatrust.com – Puluhan warga miskin dan anak-anak sekolah antusias ikuti pengobatan gratis di Gedung Dusun Blok Pajaten Desa Bantarjati, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Kamis (16/03).

“Saya sengaja memanfaatkan pengobatan gratis ini karena tidak mampu pergi ke dokter,” kata Kusnadi warga yang mengaku punya penyakit saraf dan sakit punggung.

Kusnadi mengungkapkan dirinya merupakan seorang pelaut dan tahun 2009 pernah terjepit di Kapal sehingga dirinya mengalami sakit dan akhirnya berhenti bekerja.

“Pernah diobati ke Australia dan lain-lain waktu jadi pelaut karena ditanggung perusahaan, namun sekarang tidak mampu lagi ke dokter karena sudah lama berhenti bekerja,” ungkap dia.

Kusnadi mengungkapkan, sehari-hari hanya mengandalkan dari Beternak Ayam untuk kehidupan sehari-hari.

“Itu pun yang banyak bekerja istri saya, saya hanya mengawasi saja, dan hanya cukup untuk makan dan biaya sekolah dua anak saya, untuk pergi ke dokter tidak mampu,” ungkapnya.

Dia berharap program pengobatan gratis ini bisa berlangsung rutin agar kondisi kesehatannya membaik dan bisa bekerja lagi.

“Kata dokter harus operasi namun biayanya puluhan juta, saya tidak mampu,” ungkap dia.

Hal senada dikatakan warga lainnya seorang buruh tani, Rahmi, yang mengaku mempunyai penyakit nyeri dada, pusing dan susah tidur.

“Kalau sengaja berobat jauh, kalau dekat datang ke desa seperti ini saya Syukur Alhamdulillah,” ungkap dia.

Hal senada dikatakan Anggi (11) siswi SDN Bantarjati yang mengaku mengikuti program pengobatan gratis yang kebetulan berada persis di depan sekolahnya.

“Sakit saya sih ringan cuma batuk dan Flu, Alhamdulillah tidak usah beli obat ke warung,” ungkapnya polos.

Sementara itu Kepala Puskesmas Kertajati Busaeri mengatakan, program pengobatan gratis yang dipadukan program Posyandu bekerjasama dengan PT BIJB ini merupakan program Puskesmas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, dan membantu warga terutama warga miskin untuk memperoleh kesehatan.

“Insya Allah merupakan program yang akan rutin dilaksanakan. Selain itu kita melakukan penyuluhan kondisi sanitasi warga di sini masih dalam tahap perbaikan. Kita lakukan perbaikan terutama yang kawasan kumuh dan sekarang hampir tiap rumah mempunyai MCK,” ungkap dia.

Manager Umum dan Humas PT BIJB Riskita T. Widodo mengatakan, kegiatan baksos pengobatan gratis bagi warga sekitar BIJB akan dilaksanakan di desa-desa sekitar BIJB, dan setelah di Desa Bantarjati akan dilaksanakan di Desa Babakan dan Desa Palasah, selanjutnya di desa-desa lainnya.

“Mudah-mudahan kegiatan pengobatan gratis ini memberikan manfaat bagi warga,” tukas dia. (Abduh)