Hadirnya BIJB Peluang Untuk Pemandu Wisata

MAJALENGKA, (SKN). Kehadiran BIJB di Kertajati Majalengka, jelas harus memiliki dampak positif bagi masyarakat. Kita jangan mau hanya jadi penonton.
Karena itu, ayo siapkan dirimu untuk menangkap peluang.

“Anda bisa jadi pemandu wisata yang professional,” seru Andri, yang kini giat mempromosikan potensi wisata ke belahan dunia.
Menurut Andri, pemandu wisata sebenarnya memiliki banyak peran, seperti sebagai teman, orang tua, perawat, dll. Pemandu wisata yang baik sepatutnya memiliki kemampuan relasi dengan banyak orang.

“Pemandu wisata atau tour guide yang baik harus memiliki pengetahuan luas tentang rute perjalanan, sejarah, geografi, isu-isu penting, serta cuaca. Dalam beberapa kasus, pemandu wisata bahkan harus menyediakan makanan ringan untuk dibagikan kepada tamu,” terangnya.

Dia memberikan beberapa tips menjadi pemandu wisata yang efektif. Seorang pemandu wisata yang efektif akan dengan cepat tanggap jika ada turis yang lelah, mengeluh, atau kepanasan. Dia memang harus bisa menjadi “nahkoda” yang mengarahkan turis, tapi itu bukan segalanya. Jika komunikasi dua arah tidak terjalin, tur bisa dikatakan “sudah selesai”.

“Pemandu wisata harus bisa tetap terlibat dalam perasaan turis. Dia mungkin sudah pernah melihat sebuah bangunan antik sebanyak ratusan kali, tapi si turis baru pertama kalinya. Jadi, pemandu wisata yang baik akan berusaha mencari keterkaitan antara si turis dengan tempat barunya, jangan sampai membuat ia merasa asing dengan keadaan,” pungkasnya. (Dan/gan)

Sumber: https://www.sindangkasihnews.com/hadirnya-bijb-peluang-untuk-pemandu-wisata/