Historical Flight Jadi Penanda Beroperasinya BIJB Kertajati

MAJALENGKA, (REPUBLIKA.CO.ID),- Pembangunan Bandaraudara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, akan segera rampung. Penerbangan bersejarah (Historical Flight) pun akan segera dilakukan di bandara itu.

“Historical flight rencananya akan dilakukan 1 Mei 2018,” kata Kepala Seksi Humas dan Dokumentasi PT BIJB, Aradea Adisudarma, akhir pekan lalu.

Aradea mengungkapkan, pelaksanaan historical flight atau penerbangan bersejarah itu sebagai penanda kesiapan BIJB untuk beroperasi. Baik menerbangkan maupun mendaratkan pesawat. Sedangkan penerbangan komersil, rencananya akan dilakukan pada 1 Juni 2018 mendatang.

Sejumlah maspakai sudah menyatakan diri berminat untuk ikut serta, baik dalam historical flight maupun first flight komersial. Salah satunya adalah Garuda Indonesia.

Ketika ditanyakan mengenai kemajuan pembangunan BIJB, Aradea menyebutkan, saat ini sudah mencapai 89 persen. Menurutnya, saat ini yang tersisa hanya tinggal penyelesaian akhir. Di antaranya untuk interior dan bangunan penunjang lainnya.

Sedangkan untuk panjang landasan yang sudah siap digunakan saat ini yaitu sepanjang 2.500 meter. Rencananya, akan segera diperpanjang 500 meter lagi sehingga bandara tersebut bisa didarati oleh pesawat jenis boeing.

“Yang akan mengoperasikan BIJB nantinya adalah Angkasa Pura II,” tandas Aradea.

Sumber : http://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/03/05/p52us3280-historical-flight-jadi-penanda-beroperasinya-bijb-kertajati