Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mau Diperpanjang Hingga Kertajati

JAKARTA, (DETIK.COM),-  Pemerintah berencana untuk memperpanjang jalur lintasan kereta cepat Jakarta-Bandung hingga terhubung ke Bandara Kertajati di Jawa Barat.

Menteri Perhubungan, Budi Karya, mengungkapkan saat ini pemerintah masih mengkaji hal tersebut. Budi Karya mengatakan wacana penambahan jalur tersebut rencananya akan diputuskan pada pekan depan.

“Iya wacana minggu ini atau minggu depan dirapatin untuk ditambahkan, finalisasi,” kata Budi Karya di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (8/1/2018).

Dirinya menjelaskan, nantinya perpanjangan jalur tersebut diperkirakan mencapai 80 kilometer (km) hingga ke Kertajati. Dengan terhubungannya kereta cepat, maka masyarakat memiliki pilihan penerbangan ke Bandara Kertajati.

“Jadi malah idenya adalah bagaimana Kertajati dengan Soetta itu link, masyarakat jadi punya pilihan untuk ke Jakarta atau Kertajati,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, penambahan jalur itu merupakan langkah untuk mendorong Kota Jakarta dan Bandung menjadi kota yang semakin maju.

“Dan memang mau direncanakan Jakarta-Bandung jadi satu mega metropolitan. Sekarang kita sudah persiapkan,” pungkasnya.