Kantor Kemenag Kota Cirebon Ingin BIJB Segera Diresmikan

KESAMBI, (KC Online).- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cirebon berharap agar Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang terletak di Kertajati, Kabupaten Majalengka segera diresmikan.

Jika BIJB diresmikan pada tahun ini, maka akan membantu pemberangkatan calon jamaah haji yang berasal dari Jawa Barat. Sebab, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, BIJB memungkinkan untuk memberangkatkan calon jamaah haji dari Jawa Barat pada tahun ini.
Menanggapi kemungkinan ini, Kemenag Kota Cirebon menyambut baik jika BIJB segera diresmikan dan beroperasi.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kota Cirebon, H Jajang Badruzaman mengatakan, Kemenag Kota Cirebon terus memantau dan meninjau perkembangan dari kesiapan bandara yang rencananya akan mulai beroperasi pada Juni 2018.

“Instruksi pusat bahwa Presiden RI Joko Widodo menginginkan Bandara Kertajati tahun 2018 bisa memberangkatkan Haji. Terutama mengenai kesiapan sarana dan prasarana untuk pemberangkatan haji. Saya berharap ini segera diresmikan,” kata Jajang, Minggu (4/2/2018).

Menurut Jajang, dengan beroperasinya BIJB, maka bisa memudahkan para jamaah haji asal Jawa Barat untuk berangkat menuju Tanah Suci. “Ini kan memudahkan calon jamaah, khususnya di Wilayah III Cirebon. Jadi nanti tidak usah ke Jakarta lagi,” katanya.

Presiden RI, Joko Widodo menginstruksikan Bandara Kertajati di Majalengka agar segera beroperasi pada Juni 2018. Bandara bertaraf internasional tersebut telah rampung 85 persen dari sisi pembangunan sisi daratnya.

PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) selaku pelaksana pembangunan dan pengoperasian bandara dikabarkan siap melayani pemberangkatan jamaah haji asal Jabar pada 2018.

Tahun 2018, Kota Cirebon pada pertengahan tahun, Haji akan diberangkat 17 Juli dengan jumlah 331 jamaah dari Kota Cirebon, dan ada dua orang mengajukan pembatalan, karena meninggal dunia.

“Total 331, tapi ada dua yang mengajukan pembatalan dengan alasan khusus. Nanti dari dua kuota itu akan diisi dari daftar tunggu yang di belakang dua calon jamaah itu,” imbuhnya.(Iskandar/Job)

Sumber: http://www.kabar-cirebon.com/2018/02/kantor-kemenag-kota-cirebon-ingin-bijb-segera-diresmikan/