Ke Bandara Kertajati, Bisa Lewat Tol Cisumdawu

SUMEDANG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga tengah menyelesaikan progres pengerjaan seksi I dan seksi II (fase I dan II) pembangunan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Bagi warga Bandung, tol Tersebut akan memudahkan mereka dimana Tol Cisumdawu menjadi akses penghubung langsung ke Bandara Internasional Kertajati

Direktur Jenderal Bina Marga, Hediyanto mengatakan karena akan ada Bandara yang dipindahkan ke Kertajati, maka dibutuhkan tol untuk melayani akses menuju Bandara tersebut. Nantinya, lanjut Hediyanto, tol Cisumdawu juga akan terhubungan dengan Tol Cikampek-Palimanan (Cipali).

“Disisi lain, terhubungnnya Tol Cisumdawu dengan tol Bandara Kertajati, juga akan menjadi penghubung Cileunyi ke Kota Bandung,” ujarnya di Kawasan Tol Cisumdawu, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (18/12/2015).

Untuk diketahui, saat ini pemerintah sedang mengerjakan seksi II terlebih dahulu, lantaran pembesan lahan seksi dua jauh lebih siap dimandingkan seksi lainya.

Selain itu, didibangunnya seksi ke dua tersebut guna mengantisipasi terjadinya bencana terputusnya Cadas Pangeran yang mengakibatkan kota Sumedang akan terisolasi.

Disisi lain, adanya pengeboran pada bukit, menjadikan penyelesaian seksi dua pada fase dua cukup memakan waktu lama. Karena itu juga, seksi II dikerjakan lebih dulu dibandingkan seksi lainnya.

(rzy)