Mengapa badan pesawat mayoritas putih ? Ini jawabannya!

Pernah terlintas dibenak Anda, mengapa seluruh pesawat khususnya komersil diseluruh dunia, mayoritas berwarna putih ? Kalaupun si burung besi dibalut warna lain, itu cuma semata logo dan nama maskapai saja. Benar enggak ? Mengapa ya?

Dihimpun BIJB.co.id dari berbagai sumber, hal itu ternyata bukan tanpa maksud. Alasannya cukup jelas dan ada perhitungan ilmiahnya mengapa pesawat memiliki warna serupa dengan gumpalan awan di langit.

Alasan pemilihan warna putih itu sendiri sebenarnya berkaitan dengan keamanan, suhu, dan alasan keuangan. Alasan pertama ini dilakukan agar lebih mudah untuk memeriksa retakan dan penyok pada badan pesawat. Warna netral ini akan mudah menunjukkan tanda korosi dan titik bocor minyak dengan mudah.

Dalam skenario terburuk, di mana badan pesawat berada di air, maka secara visual akan lebih mudah ditemukan. Seiring waktu, warna yang lebih gelap juga cenderung memudar saat berada di udara karena kondisi atmosfer.

Selanjutnya, kaitan dengan suhu ini tidak lepas dengan cuaca yang tidak menentu ketika dilangit-langit. Layaknya manusia jika mengenakan pakaian warna putih yang akan memantulkan sinar matahari dan hampir semua cahaya. Jika hitam ini justru sebaliknya akan menyerap sebagian cahaya.

Tentu saja warna putih dipilih untuk mencegah kabin pesawat kepanasan. Karena pesawat berwarna putih, maka dibutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mendinginkannya saat sedang tidak bergerak di darat setelah mendarat.

Alasan terakhir, berkaitan dengan biaya. Biaya mengecat ulang pesawat bisa tinggi dan memakan waktu. Untuk mengecat satu buah pesawat diketahui membutuhkan waktu hingga seminggu. Dari sudut pandang keuangan, pesawat berwarna putih juga cenderung memiliki nilai jual lebih tinggi daripada yang berwarna.

Seperti yang diketahui, berbagai maskapai mayoritas memiliki ikon atau lambang dari aneka macam warna sebagai aksen. Ada pula garis dan pola berwarna. Namun, mayoritas badan pesawatnya tetap memiliki warna dasar putih. Hanya ada beberapa maskapai saja yang mewarnai seluruh badan pesawatnya.