Menhub Budi Bangga dengan Projek Bandara Kertajati

Proyek pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), di Kertajati, Kabupaten Majalengka, diapresiasi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. PT BIJB selaku pelaksana pembangunan bandara dinilai mampu melakukan kolaborasi yang baik dengan pemerintah daerah, pemerintah pusat dan korporasi lainnya lewat pembiayaan sindikasi.

Pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Perhubungan (Kemenhub) menjadi penanggung jawab pembangunan sisi udara dengan menyediakan runway, apron, dan taksi way. Sedangkan pemerintah provinsi melakukan pengerjaan jalan penghubung menuju bandara. Adapun PT BIJB menjadi pelaksana pembangunan bagian sisi darat.

Budi mengatakan, diusianya yang ketiga (pada 24 November 2017) BIJB sudah mampu menjawab keraguan publik tentang akan hadirnya bandara berlevel internasional di Jawa Barat. Progress pembangunan yang sudah mencapai 70 persen semakin nyata bahwa bandara ini bisa hadir dan beroperasi pada 2018. Capaian ini sudah sesuai target.

“Di 24 November BIJB ulang tahun yang ketiga. Saya selaku Menhub mengucapkan selamat. BIJB adalah projek membangun airport dan menjadi contoh bagi pemda-pemda di seluruh Indonesia dan menjadi contoh projek pengkolaborasian pendanaan pemda, pusat dan masyarakat. Ini projek baik dan membanggakan,” kata Budi dalam testimoninya terkait hari jadi BIJB ketiga, Minggu 26 November 2017.

Budi juga menaruh optimisme terhadap proyek prestise tersebut, dimana pada 2018 benar-benar sudah bisa melayani masyarkat. Harapannya tentu diawal beroperasi 2018 Bandara Kertajati juga bisa sejalan melayani masyarakat melakukan perjalanan umroh dan haji. Di sini pemerintah masih perlu melakukan pengkajian untuk membuka embarkasi Majalengka.

Pasalnya, Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdana Kusuma sudah cukup padat menampung permintaan masyarakat untuk melayani perjalanan ibadah ke Tanah Suci tersebut.

“Selain mengucapkan selamat saya mendoakan agar BIJB bisa terlaksana menyelesaikan bandara ini di tahun depan dan bisa melayani masyarakat dengan baik. Kemudian tahun depan haji bisa di sana (Kertajati) loh. Selamat BIJB, Pak Gubernur (Ahmad Heryawan), Pak Virda (Direktur PT BIJB) dan semua yang bekerja di BIJB saya bangga dengan BIJB,” ucap Menhub.

BIJB yang terletak, di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka bukan hanya melayani kebutuhan penerbangan saja. Nantinya akan juga terdapat kawasan penyangga dengan konsep Aerocitynya. Menghabiskan luas sekitar 3.400 hektare atau dua kali lebih luas dari kawasan bandara, konsep Aerocity, diharapkan menjadi pusat kegiatan ekonomi.

Hadirnya Aerocity yang didukung potensi besar diantaranya sumber daya alam dan pertanian, kawasan ini kelak bertindak sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat.