Pembangunan BIJB Tuntas Akhir Tahun

PROSES pembangunan Bandara Internasional Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, terus berjalan. Sampai Rabu (12/4), kemajuan proyek paket I, berupa akses jalan, drainase, dan parkir kendaraan, sudah mencapai 74,4%. “Kami optimistis pembangunan bandara ini bisa beres sesuai dengan target. Progres setiap proyek di lahan seluas 1.800 hektare ini terus meningkat,” papar Direktur Utama PT Bandara Internasional Jawa Barat, Virda Dimas Ekaputra, di Bandung, Rabu (12/4). Ia menambahkan, pada pembangunan paket I, pihaknya menargetkan bisa tuntas 100% pada akhir Juni. “Pembangunan akses jalan, drainase, dan parkir kendaraan sudah mencapai 74,4%.”

Sementara itu, paket II, lanjutnya, yang berupa pembangunan terminal utama penumpang, sudah mencapai 28,5%. Targetnya, paket itu bisa tuntas pada November.
“Paket II berupa pembangunan infrastruktur pendukung, termasuk kargo, sudah mencapai 44,6% akan selesai Agustus,” lanjutnya. Virda mengungkapkan total keseluruhan penyelesaian tiga paket itu rerata mencapai 40%. “Kami yakin, sesuai harapan presiden, bandara akan selesai dibangun akhir 2017.” Pembangunan bandara dibagi menjadi dua bagian, yakni sisi darat dan udara.

Sisi darat dikerjakan BIJB, sedangkan sisi udara dikerjakan Kementerian Perhubungan. Kementerian Perhubungan telah membangun satu landasan pacu sepanjang 2.500 meter dengan lebar 60 meter. “Pembangunan sisi darat membutuhkan investasi Rp2,1 triliun dan sisi udara Rp750 miliar,” tandas Virda. Di sisi lain, menjelang arus mudik Lebaran 2017, Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Indrajit, kemarin, mengecek kesiapan Tol Pejagan-Pemalang.

“Kami mendapat informasi, ruas Brebes-Pemalang bahkan sampai Batang bisa dilalui arus mudik pada H-10. Memang tidak maksimal karena kendaraan kecil yang bisa lewat.” Di Jembrana, Bali, warga mengeluhkan jalan rusak di Banjar Kepuh, Tukad, yang sudah 10 tahun rusak dan tidak juga diperbaiki. “Kalau hujan jalan itu sulit dilalui kendaraan,” ujar Ketut Budiarsa, warga.

Source: http://mediaindonesia.com/news/read/100559/pembangunan-bijb-tuntas-akhir-tahun/2017-04-13 (13 April 2017 / 8.16 WIB)