Pembangunan di Jawa Barat Mencapai 95 persen

BANDUNG, (INILAHKORAN),- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyebut, keberhasilan Pemprov Jabar dalam menunaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sudah mencapai 95 persen jelang masa jabatannya berakhir.

“Menurut Bapeda, ternyata keberhasilan Pemprov Jabar dalam menunaikan janji-janji kampanye 2013-2018 sudah mencapai 95 persen. Untuk mencapai 100 persen tentu sangat sulit, karena apalagi ini menyangkut urusan yang sangat luas, pembangunan di seluruh provinsi Jawa Barat,” kata gubernur yang biasa disapa Aher seusai membuka Pameran Pembangunan Jawa Barat di Gedung Sate, Senin (19/3/2018).

Namun secara umum, pembangunan di Jawa Barat kata Aher dapat diselesaikan, meskipun tidak mencapai 100 persen. Pencapaian tersebut, kata dia, sudah sangat membanggakan. “Kalo ujian itu sangat memuaskan, cumlaude,” kayanya.

Meski begitu, Aher mengakui ada sejumlah hambatan dalam melakukan pembangunan di Jawa Barat yang memiliki wilayah cukup luas dan masyarakat banyak. Salah satu pembangunan yang molor dan baru bisa dilakukan pada 2018 ini adalah Masjid Terapung Al Jabbar di Cimincrang, Kecamatan Gede Bage, Kota Bandung.

Dia mengatakan, pembangunan masjid yang nantinya disebut-sebut akan menjadi mesjid kebanggaan masyarakat Jawa Barat ini harus terhambat lantaran memperhatikan aspek akuntabilitas dalam proses pembangunannya.

“Tidak selesainya memang karena urusan teknis, untuk menjaga akuntabilitas, menjaga bersihnya tindakan pembangunan kita dari perilaku korupsi, maka kemudian kita memilih lebih baik lambat dari pada cepat, tapi ada persoalan hukum,” katanya.

Selain itu, pembangunan besar lainnya yang kini tengah di genjot penyelesaiannya yakni pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka. “Sudah sejak lama cita-cita masyarakat Jabar, Insya Allah mulai terlihat, dan Insya Allah penerbangan perdana akan dilakukan pada 1 Mei 2018 ini,” katanya.

Keberhasilan lainnya, kata dia, adalah permasalahan jalan dan jembatan yang kemantapannya berhasil dipertahankan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat di angka 98,7 persen.

“Alhamdulillah kita bisa mempertahankan kemantapan jalan di angka 98,7 persen,” pungkas dia.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/berita/jabar/77078/pembangunan-di-jawa-barat-mencapai-95