Pesawat Berbadan Besar Ditargetkan Masuk ke Bandara Kertajati

PANGANDARAN, (JawaPos.com),- Airnav Indonesia yang merupakan penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan Indonesi menargetkan pesawat wide body atau berbadan besar seperti Boeing 777 bisa masuk ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka. Tujuannya agar pelayanan untuk penerbangan haji bisa dilakukan.

Bandara yang ditargetkan rampung pada Juni 2018 itu saat ini progres pembangunan. Tiga paket pengerjaan diamana PT BIJB menjadi pelaksana pembangunan saat ini sudah mencapai 85 persen.

“Kita kan melayani pesawat. Kedepan targetnya adalah haji flight. Artinya pesawat yang masuk kesana adalah Airbus 330 dan maksimal itu Boeing 777. Contoh itu Cengkareng di Utara baru yang bisa menampung,” kata Direktur Utama Airnav Indonesia, Novie Riyanto di Pangandaran, Jawa Barat, Jumat 26 Desember 2017.

Untuk infrastruktur navigasi, perseroan menargetkan pada awal April 2018 mendatang seluruhnya sudah dilengkapi. Dirinya optimis target tersebut bisa direalisasi.

“Posisinya 95 persen untuk target 1 April. Insya Allah ini target tidak meleset,” tuturnya.

Saat ini, pihaknya sedang menunggu progres perpanjangan runway bandara Kertajati dari semula 2.500 meter menjadi 3.000 meter. Hal itu untuk menghindari bongkar pasang instrument landing system (ILS) di Kertajati.

“Apa yang kurang adalah menunggu sampai dengan runway ini diperpanjang. Yang ada sekarang 2.500 meter nanti akan diperpanjang 3.000 meter. Otomatis kita akan memasang ILS di fix 3.000 meter,” pungkasnya.

Sumber : https://www.jawapos.com/read/2018/01/26/184095/pesawat-berbadan-besar-ditargetkan-masuk-ke-bandara-kertajati