PT BIJB Kumpulkan 24 Maskapai Internasional

JAKARTA – Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) ditargetkan mulai beroperasi pada pertengahan 2018 mendatang. Sebagai bandara yang akan melayani penerbangan domestik dan internasional, beberapa maskapai juga sudah menyatakan ketertarikannya.

Ketertarikan itu langsung ditindaklanjuti PT BIJB dimana 24 maskapai internasional akan berkumpul di Ibu Kota, Jakarta. ‎ Maskapai yang hadir merupakan anggota dari asosiasi penerbangan Board of Airlines Representatif Indonesia (BAR Indo). 

Dirut PT BIJB Virda Dimas Ekaputra akan memperkanalkan langsung bandara yang ada di Kecamatan Kertajati, Majalengka, pada sejumlah maskapai tersebut dalam acara ekspos BIJB di Century Park Hotel, Jalan Pintu Satu Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu 11 Oktober 2017.

“Kerjasama antara PT BIJB dan maskapai penerbangan harus dilakukan dalam hal pengembangan rute untuk menghubungkan BIJB dengan negara-negara luar,” kata Virda, Selasa 10 Oktober 2017.‎

Virda mengatakan, sebagai bandara yang kini menjadi proyek strategis nasional, tentu penting BIJB memfasilitasi maskapai untuk ‎terwujudnya kesepakatan-kesepakatan bisnis yang nantinya saling menguntungkan.

“Kami percaya bahwa Bandara Internasional Jawa Barat akan menjadi pusat Internasional dan domestik untuk menunjang pertumbuhan bisnis penerbangan di Indonesia. Oleh karena itu, kerjasama antara BIJB dan maskapai penerbangan harus dilakukan,” ucap Virda.

Kepala Departemen Bisnis Aeronauctical PT BIJB Agus Kemal berharap, berkumpulnya asosiasi dari BAR Indo dengan pihaknya, tentu bisa menghasilkan keputusan dengan berpartisipasinya maskapai untuk bisa terbang dari bandara yang ada di utara Jabar ini. ‎

“Bahwa acara ini ke depannya dimana para maskapai bisa berpartisipasi dan dapat bergabung mengisi rute penerbangan di BIJB,” kata Agus. 

Ketua BAR Indo Ubay Ihsandi pun turut menaruh harapan besar dengan diadakannya pertemuan ini. “Semoga airlines bisa memberikan manfaat juga dalam hal ini bisnis dan juga terbang langsung ke Kertajati” ungkapnya.

Berikut 24 maskapai yang akan hadir untuk penjajakan kerja sama :

  1. Air China
  2. All Nippon Airways
  3. Cathay Pacific Airways
  4. Cebu Pacific
  5. China Airlines
  6. China Eastern
  7. China Southem Airlines
  8. Eva Air
  9. Garuda Indonesia
  10. Japan Airlines
  11. Jetstar Asia Airways
  12. Korean Air
  13. Lion Air
  14. Amalaysia Airlines
  15. Malindo Air
  16. Philippine Air
  17. Royal Brunei
  18. Silk Air
  19. Singapore Airlines
  20. Thai International Airlines
  21. Tiger Scoot
  22. VietJet Airlines
  23. Vietnam Air
  24. Xiamen Airlines.