Rangkaian CSR “Kampung Ramadhan Kertajati 2017”

MAJALENGKA, FOKUSJabar.com : Putra daerah asal Majalengka khususnya Kertajati, diharapkan mampu mengambil peran atas kemajuan Majalengka kedepan, seiring dengan bakal dioperasikannya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, sehingga Bandara ini bisa diisi oleh putra-putri daerah kebanggaan Majalengka.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT BIJB, Virda Dimas Eka Putra saat memberikan materi pesantren kilat Ramadhan yang digelar BUMD Provinsi Jawa Barat bertajuk Kampung Ramadhan. Kegiatan dalam mengisi bulan Ramadhan itu diikuti anak-anak yang bermukim di lima desa se-Kecamatan Kertajati, Selasa (20/6/2017) kemarin.

Menurutnya, hal-hal yang berupa kemauan, impian, dan harapan tersebut bisa ditumbuhkan ketika anak-anak yang bermukim di sekitar lokasi Bandara, dengan cara didekatkan dengan lokasi Bandara, diberikan pemahaman tentang pengoperasian Bandara, serta hal-hal teknis dasar yang bisa menumbuhkan cita-cita kedepannya agar anak-anak masyarakat sekitar bisa berkiprah di Bandara.

“Kami menyadari, jika anak-anak yang berada di sekitar Bandara ini pada 10-15 tahun kedepan harus bisa mengisi peran di sini. Maka dari sekarang kita mencoba tumbuhkan impian, harapan, dan cita-cita agar mereka punya keinginan besar berperan di Bandara. Salah satunya dengan mendekatkan mereka di lingkungan kita, dengan kegiatan menggelar Kampung Ramadhan,” ujarnya.

Sekretaris PT BIJB, Wasfan mengatakan, kegiatan Kampung Ramadan melibatkan warga dari lima desa yang bersinggungan langsung dengan proyek BIJB, yaitu Bantarjati, Kertasari, Sukamulya, Sukakerta dan Desa Kertajati.

“Kampung Ramadan diisi kegiatan pesantren kilat, diikuti anak-anak dari lima5 desa, lomba azdan, lomba kebersihan masjid di setiap desa,” katanya.

Menuruntya, diharapkan persepsi dalam kegiatan ini bisa menumbuhkan kebersamaan warga Kecamatan Kertajati dengan PT BIJB dalam pembinaan keagamaan.

“Pesantren kilat diikuti 75 siswa, dikhususkan siswa SD, lomba adzan untuk regenerasi karena sudah jarang muadzin yang muda, dengan tenaga pendidik dan juri melibatkan ulama setempat,” pungkasnya.

(Adim/Yun)

Daftar Pemenang Lomba

1. Lomba Adzan

Kriteria Penilaian: Tajwid, Nada, dan Adab.

Juara 1: Abdul Malik dari Desa Kertasari (poin 930)

Juara 2: Luthfi dari Desa Kertajati (poin 920)

Juara 3: Imam dari Desa Kertasari (poin 900)

Juara Harapan 1: Kuswanto dari Desa Bantarjati (poin 850)

Juara Harapan 2: Santa dari Desa Sukakerta (poin 830)

Juara Harapan 3: Ihsan dari Desa Kertajati (poin 720)

2. Lomba Menghias Masjid

Kriteria Penilaian: Keindahan, Kelengkapan, dan Kemakmuran

Juara 1: Masjid Desa Sukakerta (poin 670)

Juara 2: Masjid Desa Sukamulya (poin 595)

Juara 3: Masjid Desa Kertasari (poin 585)

Juara Harapan 1: Masjid Desa Kertajati (poin 490)

Juara Harapan 2: Masjid Desa Bantarjati (poin 488)

Sumber: http://fokusjabar.com/2017/06/21/bijb-gelar-kampung-ramadhan-di-kertajati/ (21 Juni 2017 / 12.51 WIB)