Seksi Awal Jalan Tol Cisumdawu Segera Proses Kontruksi

BANDUNG, (SM),- Dua seksi dalam pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang menjadi porsi pemerintah terus dikebut. Termutakhir, Seksi I antara Cileunyi-Rancakalong bakal segera memulai proses kontruksinya awal 2018

“Hal ini tak terlepas dari ketersediaan lahan yang sudah mencapai 67,43 persen. Kalau sudah di atas 60 persen, sudah bisa dilakukan proses kontruksi,” tandas Sekda Jabar, Iwa Karniwa di Bandung, Jumat (2/2).

Menurut dia, kebutuhan lahan bagi kebutuhan jalan sepanjang 11,45 Km di seksi I itu berasal dari lahan masyarakat dan instansi. Di antaranya IPDN yang menyerahkan lahan seluas 60 ha untuk badan jalan sepanjang 3 Km.

Dengan dimulainya seksi awal tersebut, Iwa Karniwa menjelaskan seksi krusial yang menjadi porsi pemerintah sudah berjalan seluruhnya. Sebelumnya, pengerjaan masih fokus di Seksi II Rancakalong-Sumedang.

Seksi tersebut cukup menantang. Pasalnya, ada pengerjaan pembuatan terowongan sepanjang 472 m yang akan menjadi ikon jalan bebas hambatan sepanjang 61 Km yang ditargetkan beroperasi pada 2019.

Pada saat ini, pekerja baru melubangi bukit sejauh 250 meter untuk arah Cileunyi-Sumedang. Untuk arah sebaliknya, badan bukit yang sudah tembus baru sekitar 200 meter.

Di luar itu, Iwa Karniwa menyebut bahwa untuk pengerjaan ruas tol yang sama namun di luar porsi pemerintah yang diproyeksikan sebagai pengoneksi Bandung-Bandara Kertajati itu juga menunjukan tren menggembirakan.

“Untuk Seksi III, antara Sumedang-Cimalaka juga siap untuk memulai proses kontruksi, pasalnya lahan yang sudah siap 98 persen,” tandasnya sambil pengerjaannya dipegang PT Citra Karya Jabar Tol sebagai pemegang konsensi.

Untuk seksi 5 dan 6, Iwa menyebut bahwa ruas tersebut masih dalam proses revisi penetapan lokasi dan mulai pembebasan lahan. Seksi 5 menghubungkan antara Legok-Ujung Jaya dan Seksi 6 antara Ujung Jaya-Dawuan.

Sumber : http://citizennews.suaramerdeka.com/news/detail/14730/Seksi-Awal-Tol-Cisundawu-Segera-Proses-Kontruksi