Songsong BIJB, Ruas Jalan Jatiwangi Cigasong Diperlebar

Fajarnews.com, MAJALENGKA- Menyongsong hadirnya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), serta mengimbangi pertumbuhan ekonomi yang terus berkembang, Pemkab Majalengka melakukan percepatan pembangunan dan penyediaan sarana jalan. Sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Majalengka mendapatkan prioritas dalam penataanya. Salah satunya ruas jalan Jatiwangi-Cigasong.

Kepala Dinas BMCK Kabupaten Majalengka, Dedi Rahmadi, melalui Kabid Bina Marga, Ruhcyana menyebutkan, pemerintah menggelontorkan anggaran milyaran rupiah untuk melakukan penataan ruas jalan Cigasong-Jatiwangi. Penataan jalan yang akan menjadi akses menuju jalan Tol Cipali dan BIJB tersebut berupa pelebaran.

Tidak tanggung-tanggung, pemerintah melakukan pelebaran hingga 5 meter dari lebar sebelumnya. ”Untuk tahun 2015 jalan yang diperlebar mencapai panjang 900 meter, dimulai dari Jembatan Cikoronjo Blok Wanahayu Kecamatan Cigasong ke arah Tonjong atau tepatnya hingga SMK Korpri,” katanya, Kamis (7/1).

Menurut Ruuhcyana, biaya untuk melakukan penataan jalan yang dilakukan oleh Pemkab Majalengka tersebut bersumber dari pemerintah pusat, yakni melalui DAK tahun 2015. Pelebaran jalan Tonjong-Jatiwangi menjadi salah satu bagian dari usaha yang dilakukan oleh pemerintah dalam menyambut terwujudnya bandara dan beberapa pembangunan besar lainnya di wilayah utara Majalengka.

“Nantinya jalan ini akan menjadi akses penting menuju bandara dari wilayah selatan dan tengah Kabupaten Majalengka,” jelasnya.

Ia menambahkan, selain jalur Jatiwangi-Tonjong, pemerintah juga melakukan penataan dan pelebaran jalan di beberapa kawasan utara lainnya. Pelebaran juga dilakukan pada ruas jalan Ligung-Sumberjaya. “Penataan jalan, terutama yang menjadi pendukung BIJB masih akan terus dilakukan pada tahun 2016 ini,” tambahnya. (ABR)