Tebing Keraton

Obyek wisata Tebing Keraton berada di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Tahura Djuanda) Bandung. Secara administratif berada di Kampung Ciharegem Puncak Desa Ciburial Kabupaten Bandung.

Di kawasan Tebing Keraton, Anda bisa menikmati hijaunya pemandangan Tahura Djuanda. Anda akan menyaksikan pemandangan yang lebih indah lagi apabila Anda datang sebelum matahari terbit atau kira-kira jam 6 pagi. Pada saat itu Anda bisa menikmati keindahan suasana perbukitan yang masih diselimuti kabut tebal. Ditambah dengan keindahan matahari terbit di balik bukit yang ada di sebelah timur. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa kamera Anda supaya pemandangan yang indah ini dapat Anda abadikan.

Tebing Keraton senantiasa ramai dikunjungi oleh pengunjung. Biasanya mereka ingin menyaksikan pesona keindahan alam dari Tebing Keraton. Gerakan kabut yang melayang-layang meluncur di antara pohon-pohon, dan pada saat matahari bersinar menembus kabut, memang menambah indahnya pemandangan pagi di Tebing Keraton.

Tebing Keraton tepatnya berada di area Tahura Djuanda yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat cq. Balai Pengelolaan Taman Hutan Raya Unit Pelaksana Teknis Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat. Oleh karena itu, tidak boleh ada warung-warung di lokasi Tebing Keraton ini. Apabila Anda haus atau lapar setelah berkeliling, Anda bisa makan dan minum di warung yang letaknya di seberang area parkir, atau di kawasan pemukiman penduduk.

Tidak sulit untuk mencapai Tebing Keraton ini meskipun kondisi jalan menuju lokasi tidak begitu representatif. Dari pusat Kota Bandung berbeloklah ke arah Dago Pakar, kemudian ke arah Tahura Djuanda. Setelah pintu gerbang Tahura Djuanda, beloklah ke kanan kemudian Anda akan melewati rumah-rumah besar dan kemudian perkampungan. Setelah itu Anda akan sampai di sebuah warung dengan baliho besar bertuliskan Warung Bandrek.

Perjalanan belum selesai, Anda masih harus melewati tanjakan dan jalan berbatu, barulah Anda sampai ke pos yang teratas, langsung di kawasan Tebing Keraton. Barulah di sini Anda bisa memarkir kendaraan Anda. Dan untuk mencapai Tebing Keraton sendiri, Anda masih harus berjalan kaki kurang lebih 5 menit. Harga Tiket Masuk untuk pengunjung domestik sebesar Rp.11.0000. Untuk pengunjung dari mancanegara harus membayar sebesar Rp.75.000,-. Harga tiket masuk tersebut bisa digunakan untuk masuk ke semua kawasan Tahura Djuanda. Harga tiket tersebut berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Barat Nomor 26 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

Yang harus dipersiapkan sebelum anda mengunjungi Taman Hutan Raya ini adalah kamera, jaket untuk menahan dinginnya udara, minuman dan bensin kendaraan yang harus diisi penuh. Kalau anda hanya pergi sendiri atau berdua, disarankan lebih baik naik motor saja, karena jalan yang akan anda lewati masih belum terlalu bagus dan karena belum diperbaiki oleh pihak pengelola wisata, yaitu Tahura Djuanda. [AS/DEMIT]