Waduk Jatigede akan Pasok Air Bersih untuk Bandara Kertajati

deditaufikRMOLJabar. Tahun 2017 mendatang, Bandara Kertajati ditargetkan dibuka untuk terbang perdana. Selain pembangunan bandara, persiapan lain untuk mendukung operasional bandara seperti listrik, air bersih dan pengelolaan sampah juga tengah dimaksimalkan.

“Operasional bandara nantinya menggunakan listrik dari gardu induk dari Kadipaten kemudian transmisinya ditarik ke Kertajati, tepatnya di kawasan bandaranya nanti dibuat gardu induknya,” kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Dedi Taufik kepada RMOLJabar, Minggu (6/9).

Menurut Dedi, sudah ada Mou antara Gubernur Jawa Barat dengan Pertamina untuk perencanaan pembangunan. Pertamina juga, kata Dedi, akan menunjang bahan bakar dan melakukan bisnis to bisnis dengan BUMD kita yaitu BJB.

“Dari sisi air bersih sudah disiapkan oleh Pemkab Majelengka dengan kapasitas 25 liter perdetik. Kedepannya akan gunakan sumber air baku dari waduk Jatigede tapi sekarang masih menggunakan sumber PDAM Majalengka,” tandasnya.

Sementara untuk masalah sampah, lanjut Dedi, akan didukung oleh pemerintah pusat yang juga berkomitmen untuk membangun sisi udara.

“Anggaran untuk pembangunan sisi udara juga sudah dialokasikan, tahun 2013 sebanyak Rp. 130 Milyar, tahun 2014 sebanyak Rp. 85 Milyar, tahun 2015 Rp. 185 milyar dan tahun depan Rp. 300 milyar,” tandasnya.[gun]

Sumber: http://www.rmoljabar.com/read/2015/09/06/13010/1/Waduk-Jatigede-akan-Pasok-Air-Bersih-untuk-Bandara-Kertajati?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter (7 September 2015 / 09.43 WIB)