2018 BIJB Diharapkan Jadi Embarkasi Haji

BANDUNG-Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka, diharapkan bisa langsung dipakai untuk keberangkatan dan kedatangan jamaah haji tahun 2018. 

Menurut Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher), harapan itu muncul setelah dirinya melakukan pertemuan khusus dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan beberapa waktu lalu.

“Intinya pemeritah pusat sangat berkomitmen membantu melakukan percepatan penyelesaian pembangunan bandara. Jika berjalan lancar, Insya Alloh tahun 2018 bandara selesai sepenuhnya dan bukan hanya digunakan penerbangan reguler tetapi juga menjadi embarkasi haji,” ujarnya di Gedung Sate, Selasa (5/9).

Dalam pertemuan itu menurut Aher, Luhut juga menyampaikan tentang rencana menambah panjang runway atau landasan pacu BIJB yang mengharuskan pembebasan lahan sepanjang 300 meter.

“Itu tambahan dan Insya Alloh siap kita bebaskan lahan sepanjang 300 meter sebagai penambahan panjang runway hingga nantinya total panjangnya lebih dari tiga ribu meter” jelasnya.

Menurut Aher, rampungnya bandara tahun 2018 itu merupakan rencana tahap 1 atau sesi satu dengan 1 runway, sedangkan rencana kedepannya masih akan ditambah menjadi 2 runway pada pembangunan sesi berikutnya.(Pun)