Ada Bandara Kertajati, ITB Buka Tiga Prodi di Cirebon

BANDUNG, (Tribun Jabar),- Institut Teknologi Bandung (ITB) membuka tiga prodi di kampus barunya di Cirebon. Prodi itu antara lain, Teknik Industri, Planologi, dan Seni Rupa Kriya dan Tekstil.

“Pada kampus baru ITB di Cirebon akan dibuka tiga prodi Seni Rupa Kriya dan Tekstil, Teknik Industri, dan Planologi. Masing-masing punya alasan tersendiri mengapa 3 prodi tersebut harus dibangun di Cirebon,” ujar Kadarsah Suryadi, Rektor ITB, ruang Serbaguna ITB, Rabu (24/1/2018).

Jurusan Planologi menjadi yang utama karena saat ini pembangunan infrastruktur di kawasan Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) sedang digenjot oleh Pemerintah. Salah satunya ialah Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

“Sebentar lagi Cirebon akan ada Bandara Kertajati. Kereta api lewat, Jalan tol lewat, ada pelabuhan. Sehingga Cirebon membutuhkan orang-orang yang mahir dalam merancang kota. Kita siapkan generasi mudanya,” ujar Suryadi.

Teknik Industri juga sangat penting demi kemajuan Kota Cirebon yang tidak lama lagi akan bertransformasi menjadi kota metropitan.

Mudahnya akses transportasi membuat industri-industri melirik Cirebon sebagai tempat potensial sebagai kota industri

Tidak hanya itu, Cirebon juga kaya akan batiknya. Itulah yang membuat Suryadi untuk membuka prodi Seni Rupa Kriya dan Tekstil.

Suryadi mengatakan bahwa dosen-dosen seni rupa ITB memiliki jaringan international yang solid dan ia pun yakin prodi Seni Rupa Kriya dan Tekstil akan memperkuat identitas batik di Cirebon.

Rencananya, Kampus ITB Cirebon akan dibangun tahun ini setelah mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi diatas 30 hektar tanah di Kabupaten Cirebon.

 

 

Sumber : http://jabar.tribunnews.com/2018/01/24/itb-akan-buka-3-prodi-di-kampus-baru-di-cirebon