AirNav Siapkan Tower Dan Alat Navigasi BIJB Kertajati

Bisnis.com, BANDUNG – Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia) mengaku telah menyiapkan rancang bangun menara tower pengatur lalu lintas pesawat untuk Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, di Majalengka.

Direktur Operasi AirNav Indonesia Wisnu Darjono mengatakan, tak hanya mempersiapkan bangunan tower, pihaknya pun akan mempersiapkan alat navigasi untuk kepentingan pesawat yang masuk dan keluar di bandara yang bisa menampung pesawat berbadan besar tersebut.

“Itu juga sudah bisa berjalan kalau bandaranya sudah selesai. Yang penting kita siap,” katanya, kepada wartawan di Bandung, Kamis (25/2/2016).

Rencana itu masih menunggu kepastian pengembangan panjang landasan pacu bandara tersebut. Wisnu mencontohkan, pemasangan ILS atau piranti membantu pesawat untuk naik-turun misalnya.

Menurutnya, hadirnya BIJB Kertajati akan menjadi alternatif tambahan bagi lalu lintas naik-turunnya pesawat. Karena diperkirakan, satu landasan pacu yang beroperasi di Kertajati bisa melayani hingga 800 pergerakan pesawat.

Disisi lain, lalu lintas pesawat di Indonesia akan makin padat seiring dengan pertumbuhan perkonomian Indonesia. Dalam setahun pertumbuhan lalu lintas penerbangan berkisar 8-10%. Terlebih permintaan slot dari maskapai terus bertambah.

“Kemampuan Bandara Soekarno-Hatta saja menampung 1.100 pesawat, Bandara Kertajati bisa mencapai 70%,” ujarnya.

Sumber: http://bandung.bisnis.com/read/20160225/5/550694/airnav-siapkan-tower-dan-alat-navigasi-bijb-kertajati (25 Februari 2016 / 15.12 WIB)