Aktivasi Kertajati Dongkrak Ekonomi Jabar

JAKARTA (MEDIAINDONESIA),- KEMENTERIAN Perhubungan optimistis perekonomian di Jawa Barat akan semakin terdongkrak dengan semakin aktifnya Bandara Kertajati, Majalengka.

Sebagaimana diketahui, peme-rintah memutuskan untuk memindahkan 56 penerbangan 13 rute domestik dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, ke bandara baru tersebut per 1 Juli mendatang.

Direktur Bandar Udara Kementerian Perhubungan ­Pramintohadi Sukarno mengungkapkan kebijakan tersebut telah dirancang dengan matang setelah melihat potensi pembangunan hingga 30 tahun ke depan.

“Dulu, Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng juga hasil pemindahan dari Bandara Kemayoran di Jakarta Pusat. Kita bisa lihat hasilnya sekarang. Manfaat besar dirasakan di daerah sekitar. Jadi bukan hanya untuk dua atau tiga tahun saja,” ujar Pramintohadi di Jakarta, kemarin

Berdasarkan catatan Kemenhub, pertumbuhan lalu lintas udara di Jawa Barat sudah tidak lagi mampu diakomodasi Bandara Husein Sastranegara. Sepanjang 2016-2018, jumlah penumpang tumbuh 6% menjadi 3,86 juta orang
Adapun kargo tumbuh 40% menjadi 19,21 juta kilogram. Lalu lintas pesawat tumbuh 11% menjadi 31.865 pergerakan.

“Itu jauh dari kemampuan kapasitas Bandara Husein, jadi harus dipindahkan,” jelasnya.

Pemerintah memutuskan untuk membangun dan mengoperasikan bandara baru lantaran Bandara Husein tidak bisa lagi dikembangkan. Untuk menambah landasan menjadi 2.200 meter saja, pemerintah harus meratakan gunung.

PT Angkasa Pura (AP) II selaku operator Bandara Kertajati optimistis bandara itu akan mampu menjadi motor pendorong utama perekonomian di kawasan. Lokasi-lokasi wisata di sekitar akan semakin ramai karena akses yang disediakan semakin baik.

Di sisi lain, Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Agus Taufik Mulyono mengatakan perekonomian di Bandung tidak akan merosot akibat pemindahan bandara karena kawasan itu sudah sangat berkembang dan ditopang dengan berbagai moda transportasi yang beragam.

Sumber : https://mediaindonesia.com/read/detail/242857-aktivasi-kertajati-dongkrak-ekonomi-jabar