Asa Kang Emil Ramaikan Bandara Kertajati

CIREBON, (MEDIAINDONESIA),- KANG Emil, demikian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil biasa disapa, berencana memindahkan usaha padat karya ke segitiga Kertajati-Patimban-Cirebon. Ke depannya, kawasan tersebut akan didorong menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK).

Asa itu ia sampaikan saat memmbuka Musprov Kadin Jawa Barat, di Cirebon,  kemarin. Emil mengaku sudah bicara dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) terkait dengan rencananya tersebut. Langkah ini sebagai salah satu upaya mengoptimalisasi Bandara Kertajati.

Semua industri padat karya (padat tenaga kerja) di Jawa Barat akan dipusatkan di kawasan tersebut. Tidak terpecah-pecah seperti sekarang. Desain tata ruangnya, ungkap Emil, saat ini tengah dirancang. Selain itu, di tempat yang sama juga akan dibangun infrastruktur berkelas dunia, sehingga industri padat karya tidak akan memindahkan pabrik mereka keluar Jawa Barat. “Baik itu ke Jawa Tengah maupun ke Vietnam,” ujar Emil.

Di kawasan segitiga tersebut, lanjut Emil, akan dijadikan pertumbuhan peradaban baru di Jawa Barat. Tagline inovatif, digital, dan juara bagi Jawa Barat bukan sekadar jargon.

Jika wilayah segita Kertajati-Patimban-Cirebon dijadikan KEK di Jawa Barat, dia yakin bakal terjadi pertumbuhan ekonomi yang luar biasa. Namun, tak disebutkan berapa target pertumbuhan ekonominya.

Dengan demikian, ungkap Emil, dirinya yakin bakal mengurangi ketimpangan ekonomi yang saat ini terjadi di Jawa Barat. Masalah ini merupakan problem terbesar di Jawa Barat. Karenanya, ia pun akan menerapkan dan mengembangkan ekonomi Pancasila di tanah Pasundan. “Yaitu ekonomi di mana yang kaya biarkan semakin kaya, namun yang miskin harus ikut terbawa,” tegas Emil.

Cara yang ditempuh, yaitu dengan memaksimalkan pembangunan infrastruktur di Jawa Barat. Bahkan, Emil mengaku akan meminta kepada pemerintah pusat agar APBN proporsional dengan jumlah penduduk. Berikan 20% haknya kepada Jawaa Barat.

Selain itu, Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) juga akan secepatnya di-groundbreaking. Pembangunan Tol Cisamdahu juga sedang dikebut. Persiapan Tol Bogor-Sukabumi-Padalarang juga telah dilakukan.

Tidak cukup sampai di situ,  Emil mengaku sudah meminta kepada presiden dan Menteri Perhubungan untuk menjadikan Jabar sebagai provinsi dengan jalur kereta api. “Eropa bisa maju dengan mengandalkan moda transportasi kereta api. Hal yang sama juga harus terjadi di Jawa Barat,” harapnya.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, terkesan dengan asa Kang Emil. Enggar mendukung penuh KEK di Jawa Barat, terlebih dengan infrastruktur nomer wahid sebab dengan dukungan infrastruktur kelas dunia memungkinkan ekspor RI akan semakin meningkat.

Sumber : http://mediaindonesia.com/read/detail/215564-asa-kang-emil-ramaikan-bandara-kertajati