ATC Bandara Kertajati Sudah Terhubung dengan Husein Sastranegara dan Soekarno Hatta

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Menara pemantau lalu lintas udara di Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka sudah terhubung dengan Bandara Husein Sastranegara di Bandung dan Bandara Soekarno Hatta di Tangerang.

Direktur Keuangan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Airnav Indonesia), Triyana, mengatakan Air Traffic Control (ATR) Tower berhias ornamen berbentuk kujang ini pun siap dioperasikan bersama pengoperasian Bandara Kertajati yang dijadwalkan pada Juni 2018.

“Sesuai jadwal pengoperasian kementerian dan pemda, dan untuk haji, Insyaallah sudah terlaksana. Semua institusi terkait sudah intens berkoordinasi, yaitu authority, airlines, airport, dan airnav, semua ini sudah siap mendukung program Pak Presiden dan Pemprov Jabar,” kata Triyana seusai melaksanakan rapat dengan Pemprov Jabar di Gedung Sate, Kamis (19/4/2018).

Navigasi dari menara ATR pun sudah dipakai saat pendaratan pesawat yang mengangkut Kementerian Perhubungan dan Presiden RI di Bandara Kertajati, beberapa hari lalu.

“Semua sudah siap, sudah sophisticated. Tinggi menaranya saja sama dengan menara di Soekarno Hatta. Ini bukti dukungan Pemprov Jabar untuk mengantisipasi perkembangan ke depan, sehingga tidak perlu meninggikan tower lagi,” katanya.

Dengan kondisi bandara Kertajati yang lebih terbuka, katanya, tinggi menara ini cukup 30 meter.

Namun, dengan visi Pemprov Jabar yang jauh ke depan, terutama untuk pengembangan aerocity atau aerotropolis di Kertajati, menara tersebut langsung didirikan setibggi 60 meter.

“Peralatan di Kertajati sudah lengkap, sesuai kelasnya, di bawah Bandara Soekarno Hatta. Kalau penempatan peralatan, semua sudah siap dan inplace di menara. Kalibrasi dan navigasi juga sudah. Kapasitas kita berapapun siap. Bandara ini bisa maju dengan catatan aerotropolisnya juga harus maju,” katanya.

Sumber : http://jabar.tribunnews.com/2018/04/19/atr-bandara-kertajati-sudah-terhubung-dengan-husein-sastranegara-dan-soekarno-hatta