Bandara Kertajati Layani Penerbangan ke Semarang dan Bandar Lampung

MAJALENGKA,- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati kembali membuka rute baru domestiknya. Kali ini tujuan Semarang dan Bandar Lampung dilayani maskapai domestik TransNusa.

Penambahan rute ditandai dengan adanya Inaugural Flight Rute Penerbangan Kertajati Majalengka-Bandar Lampung & Semarang, di Terminal Keberangkatan BIJB, Minggu 2 Desember 2018.

“Ini adalah Airlines ke tiga sejak dibuka 6 Juni 2018, dan sudah lima rute penerbangan, yaitu dari Kertajati-Surabaya, Kertajati- Kualanamu (Medan, Sumut) kemudian Kertajati-Jeddah. Sekarang TransNusa (membuka rute) Kertajati- Lampung dan Semarang,” kata General Manager Airport Bisnis Airport & Performance BIJB Kertajati, Ari Widodo dalam sambutannya.

Sebelumnya Bandara yang terletak di Kabupaten Majalengka ini sudah melayani tujuan Jawa Timur untuk tujuan Surabaya dan Sumatera Utara untuk tujuan Medan oleh Maskapai Citilink.

Setelah TransNusa dengan rute Bandar Lampung dan Semarang, ke depan sejumlah Airlines dipastikan akan kembali melayani daerah tujuan lainnya. Ari mengatakan, maskapai berpelat merah, Garuda Indonesia dalam beberapa waktu ke depan akan membuka rute dari Bandara itu.

“Ke depannya, kami sedang komunikasi intens dengan Aurlines lain, dan Insya Allah Garuda (Indonesia) akan melakukan penerbangan juga ke sini. Sekarang sedang proses,” jelas dia.

Managing director PT TransNusa Aviation Bayu Sutanto mengatakan, beroperasinya Bandara Kertajati tentu harus didukung dengan banyak mendaratnya pesawat. TransNusa sebagai langkah awal membuka dua rute dahulu dengan dua frekuensi setiap pekannya yakni Minggu dan Senin.

Dia meyakini Bandara Kertajati yang memiliki potensi pasar besar akan terus berkembang sehingga seiring berjalan waktu penerbangan di Bandara ini akan semakin ramai.

Dia juga meyakini kehadiran Bandara Kertajati akan menambah daftar pilih masyarakat banyak di Jawa Barat jika konektivitas seperti Tol Cisumdawu dan Kereta Api bisa segera terhubung.

“TransNusa sangat senang bisa menerbangi dari dan menuju (BIJB) Kertajati. Ke depan, dengan akses Kertajati yang mudah dijangkau, bandara yang megah ini bisa ramai, banyak penerbangan dalam negeri maupun luar negeri. TransNusa mungkin akan menambah jumlah penerbangannya,” ujarnya.
 

Untuk ke Bandar Lampung pesawat TransNusa jenis ATR 72-600 lepas landas dari Kertajati pukul 06.30 WIB. Adapun rute menuju Semarang pukul 09.10 WIB./HUMASBIJB