Bandara Kertajati Tersambung Tol Cisumdawu Akhir 2019

JAKARTA (DETIK.COM),- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka, Jawa Barat beroperasi secara komersil sejak Mei 2018. Untuk mendukung akses prasarana ke Bandara tersebut, pemerintah sedang menyiapkan tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan nantinya pembangunan Tol Cisumdawu akan sampai ke Bandara Kertajati. Sehingga, akses masyarakat menuju Bandara tersebut bisa bertambah.

“Itu nanti kalau sudah ada Cisumdawu, itu juga akan sampai ke sana. Cisumdawu nanti juga ada impactnya ke Kertajati, sehingga bisa kita manfaatkan Cisumdawu,” kata Basuki di Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (21/6/2018).

Basuki memperkirakan bahwa proses pembangunan Tol Cisumdawu bisa selesai pada akhir 2019. Dengan begitu, masyarakat bisa cepat memanfaatkan jalur tersebut.

“Kira-kira 2019 akhir mungkin, kalau nggak 2020. Tapi paling cepat itu akhir 2019,” kata Basuki.

Untuk diketahui, Tol Cisumdawu memiliki panjang 61,6 km. Tol ini dilengkapi terowongan sepanjang 472 meter dengan diameter 14 meter.

Tol Cisamdawu memiliki 6 seksi. Seksi 1 Cileunyi-Rancakalong, Seksi 2 Rancakalong-Sumedang, Seksi 3 Sumedang-Cimalaka, Seksi 4 Cimalaka-Legok, Seksi 5 Legok-Ujung Jaya, dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan.

Porsi pemerintah dalam pembangun tol ini meliputi Seksi 1 dan 2. Sementara, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Seksi 3, 4, 5, dan 6.

Sumber : https://finance.detik.com/infrastruktur/d-4076239/bandara-kertajati-tersambung-tol-cisumdawu-akhir-2019