Bandara Kertajati Tetap Beroperasi

Bandung (ANTARA) – Direktur Utama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (PT BIJB) Salahudin Rafi mengatakan kabar yang menyatakan bahwa Bandara Kertajati, di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, tutup sehingga tidak beroperasi adalah kabar bohong alias hoaks.

“Saya pastikan, Bandara Kertajati tetap buka dan beroperasi dengan normal melayani penumpang dan maskapai,” kata Salahudin Rafi dalam siaran persnya yang diterima di Bandung, Rabu.

Rafi menegaskan Bandara Kertajati, di Kabupaten Majalengka dipastikan tetap beroperasi normal untuk melayani penerbangan meski Indonesia tengah menghadapi darurat kesehatan terkait pandemi corona atau COVID-19.

Pihaknya mengakui bahwa bisnis penerbangan saat ini terdampak paling signifikan akibat penyebaran virus corona dan hampir semua bandara di Indonesia bahkan dunia mengalami penurunan jumlah penumpang dan penutupan sejumlah rute penerbangan.

“Situasi ini dialami oleh semua bandara, Kertajati termasuk tapi penurunan bukan berarti menutup operasi,” ujarnya.

Menurut dia selain masih melayani penumpang ke sejumlah rute, Bandara Kertajati pun tetap harus beroperasi mengingat statusnya sebagai bandara alternative dan juga menjadi perlintasan rute penerbangan lain.

“Kita sifatnya bandara alternatif juga, jadi tidak mungkin berhenti operasi. Pelayanan tetap normal,” katanya.

Bandara Kertajati, menurutnya sudah melakukan tahapan-tahapan pencegahan penyebaran virus corona dan secara rutin pihaknya melakukan disinfektan bandara dari mulai layanan hingga ruang tunggu dan gerai.

“Kami ingin memastikan bandara clean and clear, aman dari virus corona, dan aman bagi penumpang yang akan terbang dari sana,” tutur Rafi.

Proses disinfektan ini, menurut dia, merupakan bentuk komitmen PT BIJB agar tetap bisa memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi calon penumpang. Menurutnya seluruh tahapan ini mengikuti standar kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

“Sudah sesuai dengan arahan pemerintah juga perintah Gubernur Ridwan Kamil,” katanya.

PT BIJB akan rutin melakukan disinfektan sebulan dua kali dan dalam satu pekan terakhir, sudah dua kali disinfektan ini dilakukan.

“Kami bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kertajati,” katanya.