BIJB Berangkatkan Jamaah Umrah di Bulan Oktober

(AYOBANDUNG.COM), BANDUNG,-Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka siap memberangkatkan jamaah ibadah umrah Oktober mendatang. 

Pj Gubernur Jawa Barat, Mochamad Iriawan, mengaku telah mendapat konfirmasi kesiapan maskapai penerbangan Lion Air untuk memberangkatkan jemaah umrah melalui BIJB.

“Umrah di Oktober dari sana (BIJB). Kita senang sekali, yang sudah on kepada saya adalah Lion,” ujarnya usai menghadiri acara Dialog Nasional 16 “Indonesia Maju” di Balai Asri Pusdai, Rabu (18/7/2018).

Selain umrah, kata dia, Pemprov Jabar juga telah bekerja keras agar keberangkatan serupa bisa dilakukan untuk jemaah haji. Meski demikian, keinginan tersebut masih dalam proses dan negosiasi.

“Semua sudah oke, diharapkan tiga atau beberapa kloter bisa berangkat dari sana,” katanya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya, menuturkan pihaknya sangat mendukung pengoperasian BIJB untuk keberangkatan jamaah haji pada tahun ini.

Saat ditanya soal kendala dari target tersebut, dia memilih untuk melempar ‘bola panas’ ke Kementerian Agama. “Tanya saja sama Menteri Agama,” bebernya.

Sebelumnya, Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan bukan perkara mudah mendapat dukungan Kemenag agar keberangkatan jamaah haji tahun ini bisa melalui BIJB. Pasalnya, bandara di Kertajati tersebut belum memiliki embarkasi seperti di Bekasi yang sudah terintegrasi dan terpadu.

Dia menjelaskan tahun ini, Indonesia baru kali pertama mendapat kepercayaan dari pemerintah Arab Saudi untuk melakukan proses imigrasi negara yang bersangkutan secara langsung di embarkasi. Proses untuk mendapat kepercayaan tersebut membutuhkan waktu hingga tiga tahun.

Menurut Iwa, ada 15 tahapan yang perlu dilalui agar keberangkatan haji via BIJB bukan sekedar mimpi.

“Ini hal luar biasa yang perlu dijaga, memang perlu hati-hati tapi sudah ada solusi dan sedang dibahas. Intinya masih optimis pelaksanaan keberangkatan sebagian (jemaah haji) di BIJB,” pungkasnya.

 

Sumber : http://ayobandung.com/read/2018/07/18/35557/bijb-berangkatkan-jemaah-umrah-di-bulan-oktober