BIJB Dorong Pusat Baru Pertumbuhan Jabar

(KORANJAKARTA),BANDUNG,– Pemerintah optimistis wilayah Jawa Barat (Jabar) bagian timur dan selatan akan semakin maju pasca pengoperasian Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka. Wilayah tersebut meliputi Subang, Indramayu, Cirebon dan Majalengka.

“Kertajati sudah beroperasi bahkan bisa Umroh dan Haji dari sana, dan (Pelabuhan) Patimban tahun depan jadi. Jadi, ini bisa menjadi kekuatan baru bagi Jawa Barat,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menjadi pembicara dalam Dialog Nasional ke-16 Indonesia Maju di Kota Bandung, Jabar, Rabu (18/7).

Budi Karya Sumadi mengatakan kawasan pertumbuhan baru ini juga akan akan didukung oleh infrastruktur berupa pelabuhan besar di Patimban, Kabupaten Subang. Pelabuhan ini, kata Menhub akan lebih besar dibanding Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta.

Kawasan pusat pertumbuhan ekonomi baru lainnya ada di Sukabumi. Menhub mengungkapkan daerah Sukabumi akan dikembangkan menjadi kawasan destinasi wisata. Terlebih saat ini telah ditetapkannya Geopark Ciletuh Palabuhanratu menjadi jaringan geopark dunia Unesco.

Kawasan wisata Sukabumi akan didukung konektifitasnya melalui Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), pembangunan Bandara di Cikembar, serta jalur kereta api double track. “Sukabumi kita kenal sebagai daerah Pariwisata, ada geopark yang bagus sekali,” tegasnya.

Dia menegaskan pemerintah ingin membangun Sukabumi sebagai destinasi wisata agar yang selama ini perjalanan ditempuh enam jam dari Jakarta ke Sukabumi, nantinya dengan jalan tol cukup satu setengah jam, bahkan dengan pesawat bisa 30 menit. Untuk itu, Menhub berharap masyarakat bisa ikut berpartisipasi membangun kawasan pusat pertumbuhan ekonomi ini.

“Kita bersama-sama mengembangkan atau menggunakan, misal Patimban sebagai suatu daerah logistik. Industri di Jawa Barat kita kembangkan supaya ini bisa memberikan dukungan bagi Patimban dan memberikan kemakmuran bagi masyarakat Jawa Barat,” katanya.

 

Program Strategis

Sementara itu, Pj. Gubernur Jabar Mochamad Iriawan memaparkan sejumlah program strategis nasional yang ada di Jabar. Beberapa program yang Iriawan sampaikan, seperti program Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat yang telah berjalan di Jawa Barat. Ada pula Program Keluarga Harapan (PKH) untuk penanggulangan kemiskinan.

“Di bidang pertanahan seperti Pak Presiden canangkan, ada program sertifikasi tanah untuk rakyat,” ujar Iriawan dalam pemaparannya. 

 

 

 

Sumber : http://www.koran-jakarta.com/bijb-dorong-pusat-baru-pertumbuhan-jabar/