Cikadongdong River Tubing, Wisata Air di Majalengka

Jika Anda sedang berada di Kabupten Majalengka, kayanya enggak lengkap deh, kalau belum singgah ke tempat wisata air yang satu ini. Namanya Cikadongdong River Tubing. Disebut river tubing karena arena bermainnya yang memanfaatkan potensi sungai dengan derasnya air yang mengalir di sungai tersebut.

Lokasi wisata yang lagi hits tersebut letaknya berada di di Desa Payung Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Hanya 12 kilometer dari pusat kota Majalengka. Akses menunju lokasi mudah dijangkau kendaraan roda dua dan empat. Jadi enggak ada alasan deh buat wisatawan yang masih bingung cari tempat liburan yang oke.

Wahana air di Sungai Cikadondong ini memiliki panjang 250 meter. Hamparan air jernih dengan arus sedang menjanjikan bahwa tempat wisata tersebut sahih digunakan liburan keluarga. Air sungai tersebut berhulu dari Gunung Ciremai.

River Tubing di Sungai Cikadondong sendiri ditempuh dengan dua tahap. Tahap pertama menempuh sejauh 50 meter, dengan tantangan yang ringan karena arus dan jeram yang dilalui relatih landai. Sehingga cocok untuk pemula bahkan anak-anak yang belum pandai berenang. Start dimulai dari pertemuan dua aliran sungai hingga daerah nusa yaitu daratan yang terletak di tengah-tengah aliran sungai Cikadondong.

Tahap kedua lah yang paling menantang dengan jarak paling jauh sekitar 200 meter dan dengan aliran air sungai berkelok dan memiliki banyak jeram. Di jalur tersebut kita akan melewati jembatan jalan penghubung Desa Payung dan Teja. Jika seluruh rintangan sudah ditempuh kita akan bertemu garis finish yang memiliki aliran sungai yang landai. Waktu tempuh diperkirakan menghabiskan waktu 15 menit.

Untuk menguji adrenalin di sana sudah tersedia guide yang sudah kenal medan. Pengelolaannya masih murni dilakukan warga setempat yang berasal dari karang taruna dan pecinta alam. Standar keamanan untuk menguji nikmatnya wisata tersebut sudah dipenuhi pengelola. Misalnya ban karet, pelindung badan, dan helm.

Harga untuk meluncur di sungai Cikadongdong tersebut dibanderol dengan tiket Rp 25 ribu perorang. Habis bermain air, perut keroncongan ? Duh enggak banget deh. Untuk rombongan biasanya pengelola menyediakan makanan nasi liwet yang pastinya sedap untuk disantap pasca basah-basahan.

Nah, sudah tahukan Wahana River Tubing Sungai Cikadondong. Kini Anda bisa menjadikan wahana tersebut menjadi salah satu list tempat liburan kamu. Orang bilang :Air sungai yang jernih membuat para pengunjung yang datang ke sini tak akan merasa puas hanya satu kali menikmatinya./ Humas BIJB

Artikel ini dikutip dari berbagai sumber.