PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (Perseroda) menerima Kunjungan Menteri Perhubungan, Bapak Budi Karya Sumadi (09/01/2022). Kunjungan tersebut disambut hangat oleh Direktur PT BIJB (Perseroda) Bapak Muhamad Singgih dan Komisaris Utama PT BIJB, serta Direktur Utama PT Angakasa Pura II (Persero) Bapak Muhammad Awaluddin. 

 

Kegiatan tersebut, merupakan rangkaian kunjungan kerja yang dilaksanakan oleh Bapak Budi Karya Sumadi. Khusus di Bandara Internasional Kertajati, kegiatan berfokus pada pemaparan Direkur PT BIJB, Muhamad Singgih berkaitan dengan Potensi Pengembangan Kargo dan Maintenance pesawat di bandara Internasional Kertajati, serta peninjauan secara langsung lahan Kertajati Aircraft Maintenance Center dan E-commerce Hub. 

 

Pada kegiatan tersebut, selaku Menteri Perhubungan, Bpk Budi Karya mendorong pemanfaat potensi bandara yang sudah ada dan optimis Bandara Kertajati akan segera menjadi magnet investasi.  Beliau pun menyampaikan rasa apresiasinya atas usaha dan upaya PT BIJB untuk terus mengembangkan potensinya di masa Pandemi ini. 

 

Menhub pun mendorong pengelola Bandara Kertajati untuk berkomunikasi dengan para perusahaan kargo internasional misalnya dari Dubai, Hongkong, dan negara lainnya, agar pergerakan angkutan kargo terus meningkat.

 

“Perlu dilakukan presentasi ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk memperkenalkan Bandara Kertajati kepada calon investor yang memiliki sejumlah keunggulan, salah satunya mampu didarati pesawat wide body. Kita juga perlu memetakan potensi investasi di sekitar bandara ini,” tutur Menhub.

 

Direktur PT BIJB pun menyampaikan permohonan dukungan kepada pemerintah untuk meningkatkan daya saing pemeliharaan pesawat, diantaranya yakni: memusatkan armada pesawat yang dimiliki pemerintah (Basarnas, BNPB, dan instansi terkait lainnya) untuk melakukan pemeliharaan pesawat di Bandara Kertajati, memberikan insentif berupa pembebasan bea masuk dan pembebasan biaya take off landing untuk pesawat yang akan melakukan maintenance, dukungan bea cukai, jaringan listrik, air, dan kesiapan fasilitas penunjang lainnya.

 

Bandara Kertajati memiliki luas gedung terminal kargo 4.480 M2. Saat ini tengah dilakukan sejumlah upaya optimalisasi angkutan kargo yaitu : pengembangan e-commerce hub (cargo village) dan kegiatan penerbangan kargo rutin oleh Asia Kargo. Upaya-upaya tersebut diharapkan bisa meningkatkan kembali operasional Bandara Kertajati di tengah pandemi.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiantono ; Direktur Keamanan Penerbangan Dadun Kohar; Direktur Utama BIJB Kertajati Muhammad Singgih; Direktur Utama PT Angkasa Pura II M. Awaluddin; EGM PT AP II Bandara Kertajati; General Manager Airnav Cabang Kertajati dan Dirut PT GMF Andi Fahrurozi. [ald]

Bahasa Inggris

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Tag HTML yang dibolehkan: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.