Kembangkan Potensi Wisata dan Budaya di Jawa Barat, PT BIJB gandeng Karang Taruna Jawa Barat

Hadirnya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, mempertegas bahwa pertumbuhan ekonomi baru akan terjadi di sana. Jawa Barat, lewat potensi yang dimiliki seperti sektor pariwisata, budaya, peluang tersebut harus dikelola dengan baik.

Sebab diketahui, bahwa Jawa Barat merupakan salah satu destinasi terbesar di Indonesia selain Bali.

PT BIJB selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jawa Barat melihat jeli potensi tersebut. Salah satu caranya menggulirkan program corporate social responsibilty (CSR) dengan menggandeng Karang Taruna Jawa Barat.

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan, CSR yang diusung dibentuk melalui rancangan program TouristPreneur. Pengembangan yang pertama adalah Karang Taruna Tourism Destination dimana nantinya Karang Taruna Jawa Barat akan bekerja sama dengan masyarakat dan dinas pariwisata setempat untuk membangun destinasi unggulan.

Kedua adalah Karang Taruna Hospitality atau yang berkaitan dengan pelayanan. Nantinya mereka akan disiapkan menjadi sumber daya manusia unggul untuk membuat konsep pengelolaan. Tujuannya untuk menyiapkan kebutuhan dasar sarana dan prasarana pengembangan wisata.

Ketiga yakni Karang Taruna Jawa Barat Tour Guide. Melalui program ini SDM akan dibentuk menjadi handal dalam hal kepariwisataan. Dan terakhir adalah Karang Taruna Jawa Barat Creative Craft dimana nantinya para pemuda akan disiapkan menjadi pribadi yang terampil dan dapat membuat serta menghasilkan produk khas daerah wisata.

“Dengan terjalinnya kerja sama antara PT BIJB dan Karang Taruna Jawa Barat tentu akan memberikan manfaat diantara dua belah pihak, diantaranya meningkatkan keterampilan masyarakat, meningkatkan ekonomi masyarakat dan peningkatan brand awareness,” ujar Virda, di Bandung, Kamis (26/10).

Dia menyatakan, selama ini masalah-masalah yang kerap menghambat terwujudnya pembangunan yakni kurangnya pemberdayaan masyarakat khususnya generasi muda. Sehingga dengan menggaet Karang Taruna Jawa Barat, kata Virda, PT BIJB tentu bisa memberikan peranan penting dalam membantu memenuhi prioritas pembangunan di Jawa Barat.