Kemenag Akan Bangun Asrama Haji Dekat Bandara Kertajati

(DREAM), JAKARTA – Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan jemaah haji asal Jawa Barat tahun ini belum bisa diberangkatkan dari Bandara Internasional Kertajati. Alasannya, bandara terbesar kedua di Indonesia itu belum difungsikan melayani penerbangan haji.

” Kertajati karena memerlukan asrama haji, maka tahun ini belum bisa digunakan sebagai embarkasi,” kata Lukman, di Tangerang, Banten, ditulis Senin 16 Juli 2018.

Lukman berharap Bandara Kertajati sudah bisa mengangkut jemaah haji asal Jawa Barat pada tahun depan. ” Insya Allah, tahun depan,” ucap dia.

Menurut Lukman, setiap bandara yang menjadi embarkasi atau titik pemberangkatan dan kedatangan haji mensyaratkan adanya asrama haji yang berdekatan. Saat ini, asrama haji yang tersedia untuk Jawa Barat ada di Bekasi, yang lebih dekat dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Kementeriannya berencana membangun asrama haji di daerah paling dekat dengan Bandara Kertajati. Menurut dia, rencana ini sedang dalam tahap pematangan.

” Mudah-mudahan tahun depan bisa disiapkan,” ujar dia

Operasional haji 2018 sebentar lagi akan berjalan. Jadwal pemberangkatan kloter pertama jemaah haji Indonesia berlansung pada Selasa, 17 Juli 2018.

Pada Selasa nanti, akan ada 11 kloter yang diterbangkan melalui enam embarkasi yaitu Embarkasi Surabaya/SUB (3 kloter), Padang/PDG (1 kloter), Lombok/LOP (1 kloter), Solo/SOC (4 kloter), Jakarta-Pondok Gede/JKG (1 kloter), dan Makassar/UPG (1 kloter). Total ada 4.486 jemaah haji yang berangkat kloter awal gelombang pertama yang berangkat ke Tanah Suci.

Lukman sendiri dijadwalkan melepas keberangkatan kloter JKG 01 dari Asrama Haji Pondok Gede pada Selasa, 17 Juli pukul 05.00 WIB.

 

 

Sumber : https://www.dream.co.id/dinar/kemenag-persiapkan-asrama-haji-terdekat-bandara-kertajati-1807140.html