Menhub Akan Pindahkan Penerbangan Luar Jawa dari Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati

BANDUNG, KOMPAS.com- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati hingga saat ini belum optimal. Penerbangan ke Jawa Barat (Jabar) masih mengandalkan Bandara Husein Sastranegara dan Bandara Soekarno-Hatta.

Agar bisa optimal, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana untuk memindahkan trayek penerbangan di Bandara Husein Sastranegara dari dan menuju luar pulau Jawa ke Bandara Kertajati.

“Kita sedang evaluasi dan sudah bertemu dengan Pak Gubernur. Tujuan yang di luar Jawa akan kita pindahkan ke Kertajati semuanya,” kata Budi saat ditemui seusai inspeksi bus di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/5/2019).

Pemindahan trayek tersebut menurut Budi akan dilakukan dalam waktu dekat. Besar kemungkinan dilakukan sebelum Idul Fitri tahun ini.

“Kita lihat waktunya mau sebelum Lebaran atau setelah Lebaran. Pak Gubernur sudah setuju tinggal pelaksanaan,” jelasnya.

Meski demikian, Budi memastikan Bandara Husein Sastranegara akan tetap beroperasi meski sebagian penerbangan dipindahkan. Penerbangan di dalam Pulau Jawa tetap di Bandara Husein.

Agar Bandara Kertajati bisa lebih mudah diakses, Budi mengatakan pemerintah akan membangun jalur kereta api khusus.

Pembuatan kereta ini membutuhkan waktu dua tahun.

“Kita akan buat kereta dari Bandung ke sana (Kertajati), diantaranya (dengan cara) reaktivasi,” ujarnya.

Sumber: https://regional.kompas.com/read/2019/05/07/16024091/menhub-akan-pindahkan-penerbangan-luar-jawa-dari-bandara-husein-sastranegara