Menikmati Keindahan Pesona Alam Negeri Dongeng Bukit Caruy Sukadana Majalengka

SATU lagi, objek wisata di Kabupaten Majalengka dilirik banyak orang. Salah satunya adalah Bukit Caruy di Desa Sukadana, Kecamatan Malausma. Meski Kabupaten Majalengka tidak memiliki objek wisata laut atau pantai, jangan salah, banyak pemandangan alam yang sangat indah dan menjadi daya tarik para wisatawan.

Bukit Caruy belum dikenal banyak orang. Di sekitar Bukit Caruy belum ada sentuhan-sentuhan sarana objek wisata. Semuanya masih serba alami. Namun, tempat yang satu ini memiliki pemandangan alam luar biasa. Jika mendapat penataan yang baik, banyak pengunjung menilai mampu menjadi buruan wisatawan.

Selain memiliki udara sejuk karena berada di kawasan pegunungan, pemandangannya tidak kalah cantik dengan objek wisata alam lain. Bukit Caruy masih alamiah. Tap weekend, banyak dikunjungi para remaja. Banyak para pemuda menjadikan Bukit Caruy sebagai lokasi selfie, acara makan bersama, hingga tempat perkemahan.

Kepala Desa Sukadana, Mukri Somantri menjelaskan, Bukit Caruy memiliki pesona alam sangat bagus. Apalagi ketika berada di puncak bukit, seolah-olah pengunjung berada di tengah-tengah dunia fantasia tau negeri dongeng. Suasananya tenang, membuat jiwa serta hati sejuk, jauh dari kebisingan perkotaan.

“Kami yakin, jika Bukit Caruy dikelola dengan professional, bisa menarik perhatian para wisatawan lokal maupun internasional. Sebab, Bukit Caruy sangat tepat dijadikan kegiatan out bound, flying fox, olahraga motor, wisata keluarga, arena bermain, bumi perkemahan, bahkan bisa jadi tempat peristirahatan jika dibangun penginapan atau hotel,” jelasnya.

Pihaknya ingin agar lokasi Bukit Caruy sebagai objek wisata alam. Hanya saja, untuk menunjang keberadaan Bukit Caruy, perlu ditunjang dengan sarana dan prasarana. Peran serta pihak terkait dibutuhkan. Khususnya Pemkab Majalengka.

“Infrastruktur jalan belum memadai. Jalan menuju Bukit Caruy masih berupa tanah dan kondisinya terjal. Itu pun hanya bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan roda dua. Kami berharap adanya pembangunan jalan beraspal dan bisa dilalui kendaraan roda empat,” harapnya.

Untuk bisa sampai ke Bukit Caruy, bisa dari arah Desa Kalapadua, Kecamatan Kemahsugih menuju Desa Sukadana, Kecamatan Malausma. Bisa juga dari arah Desa Cibulan, Kecamatan Lemahsugih.

“Jika sudah mendapat sentuhan secara profesional, kami yakin akan banyak wisatawan mancanegara yang datang. Terlebih jika nanti sudah dioperasikannya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati,” terangnya.

Pihaknya juga mendukung program Pemkab Majalengka dalam pengembangan wisata alam. Sebab, kalau saja kawasan Bukit Caruy telah dibenahi dan ditunjung dengan sarana dan prasarana, akan membuka peluang usaha bagi masyarakat. Misalnya, masyarakat bisa berdagang makanan dan minuman di Bukit Caruy. Bahkan, hasil bumi masyarakat di sekitarnya bisa dijual di sekitar lokasi Bukit Caruy.

Sumber : http://www.radarcirebon.com/menikmati-keindahan-pesona-alam-negeri-dongeng-bukit-caruy-sukadana-majalengka.html