Indonesian

Destinasi wisata paling terdekat dengan Nusawiru yang berjarak sekitar 6 km adalah Green Canyon. Wisatawan lokal maupun mancanegara sangat berantusias untuk menyambangi lokasi wisata alam yang sangat terkenal di Pangandaran ini.

Asal Mula Green Canyon

Sejarah geografis asal mula Green Canyon terbentuk dari hasil proses pelarutan batuan kapur dari sungai bawah tanah yang mengalir diantara celah dan ceruk bebatuan. Proses ini berlangsung selama ribuan tahun sehingga membentuk ngarai dan menembus batuan karst sehingga membentuk ornamen-ornamen cantik seperti stalagtit dan stalagmit.

Air Sungai Cijulang yang melintasi kawasan Green Canyon ini sangat jernih dengan lumut yang melimpah sehingga mempengaruhi warna air menjadi hijau tosca, ini juga yang menjadikan alasan Cukang Taneuh diperkenalkan dengan nama brandnya Green Canyon.

Menuju Green Canyon

Untuk menikmati dan menyambangi Green Canyon, jarak dan waktu tempuh menuju lokasi destinasi  ini yang harus ditempuh wisatawan dengan menggunakan transportasi darat dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, dapat melalui beberapa rute perjalanan. Rute perjalanan destinasi wisata bisa diawali dari BIJB (KJT) melewati Jl Majalengka-Cikijing dengan jarak 199,9  dan waktu tempuh perjalanan selama 5 jam 28 menit.

Beragam Fasilitas Pendukung

Wisatawan akan menikmati beragam fasilitas pendukung di lokasi destinasi seperti : Telah tersedianya tempat parkir yang luas dan memadai untuk wisatawan yang datang beserta rombongan yang banyak dengan menggunakan bus besar atau pun kendaraan umum lainnya ketika hadir dan sampai di lokasi wisata.

Perahu Wisata

Pintu Gerbang Green Canyon, hanya bisa dilalui dengan Perahu Wisata. Kemudian wisatawan dari dermaga (melalui pintu masuk loket), selanjutnya akan mengarungi dan melihat bening dan jernihnya air  Sungai Cijulang dengan diantar memakai perahu motor. Perjalanan melewati sungai ini menempuh jarak sepanjang 3 km dengan waktu tempuh sekitar 30 hingga 50 menit.

Sewaktu dalam perjalanan para pengunjung akan disuguhi oleh keasrian lingkungan asli alam sekitar. Sepanjang melewati jalur sungai pun yang terlihat di dominasi oleh  warna hijau. Begitu pula rimbunnya hutan dan lebatnya pohon yang terlihat di samping kanan-kiri sekeliling sungai sangat indah untuk dinikmati dan diabadikan.

Aktivitas Seru

Diakhir perjalanan, perahu akan memasuki celah sempit diantara batu besar yang memisahkan sungai, ada petugas yang berjaga diatas batu untuk mengatur keramaian lalu-lintas perahu dengan bendera. Perahu motor harus masuk jalur satu-persatu untuk menjaga agar tidak saling bertabrakan.

Tips Wisata ke Green Canyon

Waktu yang paling tepat berkunjung ke Green Canyon adalah saat musim kemarau. apabila musim penghujan dan terjadi luapan air sungai, pada batas tertentu Green Canyon akan ditutup untuk pengunjung demi keamanan.

Tiap weekend (Hari Sabtu atau pun Minggu) apalagi saat liburan panjang maupun liburan sekolah, Green Canyon akan sarat dan dipadati oleh wisatawan dan para pengunjung. Apabila tidak ada waktu lagi untuk memilih waktu lainnya yang lebih senggang maka tips jalan keluarnya selama aktivitas body rafting, usahakan untuk bisa sewaktu memulainya dengan datang lebih pagi ke lokasi.