Indonesian

Provinsi Jawa Barat memang terkenal dengan destinasi wisata alamnya. Objek wisata yang ada di Jawa Barat terbagi menjadi dua yaitu objek wisata alami dan objek wisata buatan. Membicarakan objek wisata air terjun di daerah Bandung nama Curug Malela mungkin masih terdengar asing. Letaknya yang berada di antara perbatasan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur membuat curug ini menjadi objek wisata tersembunyi yang banyak orang tidak mengetahuinya, padahal Curug Malela menawarkan keindahan dan keasrian alam pegunungan.

 

Curug Malela adalah salah satu destinasi alam berupa air terjun yang berasal dari hulu sungai bagian utara Gunung Kendeng, yaitu sebuah gunung berapi yang sudak tidak aktif di sebelah barat Ciwidey, kemudian mengalir melintasi sungai Cidadap hingga Gunung Halu.

 

Curug Malela memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan lebar curug mencapai 70 meter, memiliki lima buah jalur air terjun yang akan menampakan keindahan dan kemegahan curug ini apabila debit air menuju lokasi ini sedang banyak serta mengalir deras melewati air terjun ini, membuat curug ini dijuluki sebagai Niagara mini.

 

  • Lokasi

Lokasi Curug Malela berada diantara perbatasan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur tepatnya berada di kampung Manglid Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung.

  • Fasilitas

Pada tahun 2019 Curug Malela melakukan renovasi dan pembangunan untuk mempercantik dan menambah fasilitas untuk memanjakan para wisatawan diantaranya:

  1. Spot foto yang bagus untuk pengunjung
  2. Akses jalan agar mudah menuju lokasi Curug Malela
  3. Toilet umum
  4. Mushola
  5. Penginapan
  6. Food corner