Indonesian

Kawasan di Bandung Selatan tepatnya di daerah Pangalengan sangat  layak dijadikan rujukan untuk dikunjungi wisatawan baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. 

Mengunjungi tempat ini akan ditemui hamparan kebun teh yang sangat memanjakan mata untuk dilihat. Selain itu di wilayah ini juga terkenal sebagai salah satu penghasil susu terbaik di Jawa Barat. Apabila berkunjung ke destinasi wisatanya, tak salah jika mampir ke lokasi wisata alami yang terkenal yaitu, Situ Cileunca.  Lokasi situ terletak di Desa Wanasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

 

Sejarah keberadaan Situ Cileunca menelisik dari sejarahnya berawal dari adanya danau buatan yang dibangun pada masa pemerintahan kolonial Belanda menguasai daerah ini hingga tahun 1926. Danau ini berada diatas ketinggian 1550 mdpl, dengan luas sekitar 1.400 Ha dan kedalaman mencapai 17 meter. Fungsi danau ini dibuat untuk keperluan pembangkit listrik tenaga air pada masa itu. Seiring perubahan zaman danau tersebut di masa kini dialih fungsikan untuk kawasan wisata alam.

 

Apabila berkesempatan menyambangi Situ Cileunca beragam keunikan maupun keunggulan obyek wisata ini dapat ditemui diantaranya, dapat berkeliling menjelajahi seputaran danau menggunakan perahu yang menggunakan mesin.
Keunikan lainnya dapat ditemui bagi yang mempunyai hobi fotografi, sebab untuk mendapatkan view/ sudut pandang yang bagus, sangat pas untuk hadir di situ ini di pagi hari sebelum matahari terbit. Sebab, view berfoto dengan latar belakang danau yang indah ini dipadu dengan terbitnya matahari pagi sangat pas untuk diabadikan.

 

Keunggulan lainnya dapat ditemui di lokasi wisata ini yakni, fasilitas paket wisatanya sangat bervariasi, beragam dan penuh tantangan seperti : Adanya wahana arung jeram atau rafting. Fasiltas ini sangat digemari wisatawan dan menjadi unggulan pilihan. Lokasinya pun berada di Sungai Palayangan yang airnya berasal dari Situ Cileunca. 
Wisatawan pun masih dimanjakan untuk dapat memilih beragam paket wisata outbond lainnya seperti : flyng fox, panahan, permainan paint ball, pangalengan tour, camping atau berkemah, penginapan, makanan dan lain-lainnya.

 

Hal lain yang unik, menarik dan menggelitik wisatawan tuk selalu teringat Situ Cileunca karena adanya keberadaan Jembatan Cinta. Jembatan Cinta awalnya dibangun oleh pemerintah desa di atas Situ Cileunca, dimaksudkan untuk membantu mobilitas dan ekonomi warga antara dua pulau yang terpisah. Bagi wisatawan yang suka fotogarfi tentu tak melupakan untuk mengabadikan angle menarik di jembatan ini.

 

Jarak dan waktu tempuh menuju Situ Cileunca dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, melalui beberapa rute perjalanan. Rute perjalanan wisata  diawali dari BIJB (KJT) menuju Kota Bandung melewati Jl Tol Cikopo-Palimanan-Purbaleunyi-Soroja dengan jarak (175, 7 km) dalam waktu tempuh 2 jam 8 menit. Kemudian perjalanan wisata dilanjutkan dari Soreang ke Pangalengan dengan jarak 32.7 km dan bisa ditempuh selama 1 jam 13 menit melalui Jl Raya Pangalengan.