Indonesian

Menikmati Pesona Eksotis Gunung Ciwaru Majalengka

 

Pengaruh booming spot instragamable yang diburu netizen generasi millenial atau pun gen z ikut melahirkan juga kawasan wisata alam di Majalengka tepatnya di Gunung Ciwaru yang hadir 3 tahun yang lalu. Berkat ide dan kreativitas bersama antara para pemuda dan warga di sekitar gunung itu, kini kawasan gunung tersebut telah disulap dan berubah menjadi destinasi yang diburu para pengunjungnya.

 

Destinasi wisata alam Gunung Ciwaru ini terletak di Jl.Desa Payung Pajajar Ragaluh, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

 

Pesona eksotis dan panorama gunung yang indah dapat dinikmati wisatawan yang hadir sambangi lokasi wisata ini. Goresan alam jajaran  hutan pinus yang berada di hamparan hutan warna hijau dan tertata rapi ini akan membuat para pelancong  betah bertahan di obyek wisata alam ini.

 

Hiasan latarbelakang alam asli di selatan gunung ini berupa wujud sempurna  Gunung Cermai pun menampakkan daya magis begitu mempesonanya perpaduan dua gunung ini, dalam satu tatanan pesona keindahanan wujud alam. Tentunya feomena keajaiban alam ini  dapat dinikmati para traveler dan pelancong yang menyempatkan hadir di lokasi ini.

 

Kelebihan lain destinasi di kawasan gunung ini karena pengelolanya melengkapi dengan beberapa spot foto untuk berswafoto sepeti adanya spotfoto yang berupa seperti : Sarang burung dan gardu pandang. Tentu fasilitas itu sangat memanjakan wisatawan untuk menikimatinya.

 

Para wisatawan yang ingin datang ke lokasi wisata gunung ini tentu perlu tahu rutenya. Apabila traveler ingin menyambangi destinasi wisata Gunung Ciwaru ini jika perjalanan dimulai dari arah Kota Majalengka akan menuju – Desa Payung (Melalui Desa Teja atau Desa Sindangpano) kemudian ke – Blok Cimerang – dan sampai di pertigaan lalu ambil jalan lurus, sekitar 50 meter belok kanan kemudian 50 meter belok kiri lalu lurus ikuti jalan tersebut – hingga bertemu percabangan jalan, kemudian melanjutkan mengambil jalan yang ke kanan hingga jalan tersebut berakhir dan terhenti di perkampungan penduduk.

 

Sampai di lokasi itu kendaraan motor, mobil juga bis bisa parkir di lokasi itu. Perjalanan pun di lanjutkan berjalan kaki menuju ke puncak Gunung Ciwaru sekitar 300 meter dengan medan menanjak.

 

Rute lainnya bisa ditempuh Traveler dimulai dari Sindangwangi – kemudian menuju Desa Bantaragung- lalu Desa Bantaragung – ke Desa Payung – sawah Nangklak – selanjutnya tiba di Blok Cimerang, kemudian ke arah kiri di Cimerang dan dilanjutkan menuju ke arah wisata Gunung Ciwaru.

 

Adapun para wisatawan dan pengunjung yang berasal dari luar Majalengka dan transit awal dimulai dari Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati perjalanan ke lokasi bisa memakan waktu 1 jam 14 menit  dengan jarak tempuh perjalanan 53,6 km dan melewati rute Jl. Tol Cikopo – Palimanan untuk bisa sampai ke lokasi destinasi.