Indonesian

Keindahan Hamparan Air di Atas Batu Curug Cilutung

 

Mengunjungi destinasi wisata alam di kawasan lokasi air terjun (Curug dalam bahasa Sunda), tentu sangat eksotis dan penuh retorika tantangan untuk mendatangi dan mengabadikan momen tersebut. Kabupaten Majalengka yang kini terus berbenah mengembangkan sektor pariwisatanya itu ternyata memang sangat pas untuk dikunjungi karena banyak pilihan obyek wisata alamnya untuk disambangi.

 

 Destinasi alam di Majalengka yang sedang nge-hits dan banyak pengunjungnya  yaitu : Curug Cilutung yang berada Dusun Ciranca, Desa Talaga Kulon, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka.

 

Lokasi obyek wisata ini sekitar 28 Km dari Kota Majalengka. Apabila wisatawan dari luar Majalengka dan awal perjalanan dimulai dari Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati maka waktu tempuh menuju lokasi selama 1 jam 34 menit dengan jarak tempuh 57,1 km melewati Jl. Majalengka – Cikijing.

 

Curug Cilutung ini pun mempunyai banyak nama sebutan lainnya seperti yang diperbincangkan para wisatawan yakni : Curug Emas, Curug Ciranca dan Curug Campaga.

 

Fenomena yang eksotis dari Curug Cilutung ini yang secara langsung dapat dinikmati oleh traveler adalah dapat melihat Keindahan Hamparan Air di Atas Batu Curug Cilutung secara langsung, tentu keindahan alam ini sangat pas untuk bahan obyek instragamable para pelancong yang datang langsung ke lokasi.

 

Keistimewaan di lokasi Curug Ciranca ini hanya dapat dinikmati para wisatawan sewaktu musim kemarau saja. Karena di sekitar air terjun itu terdapat bebatuan yang cukup unik, alami, besar dan mempesona untuk dilihat di mulai dari air terjun hingga ke sungainya. Bebatuan itu terlihat menjulang sangat tinggi mirip perbukitan.

 

Catatan untuk wisatawan agar tidak datang ke curug ini di musim penghujan tiba karena jika musim penghujan tiba debit air akan semakin membesar bahkan airnya pun bisa menjadi keruh dan berwarna coklat. Oleh karena itu Curug Emas ini bisa juga dikategorikan curug permanen, karena debit airnya sangat kecil dan terjadi ketika musim kemarau berlangsung.

 

Traveler dan para pelancong pun yang gemar swafoto tentu lokasi alam ini dapat sebagai bahan rujukan untuk spot foto maupun video shooting untuk diupoad di medsosnya. Air terjun di Curug Cilutung ini terdengar seperti alunan musik klasik. Traveler pun bisa membawa alas atau hamparan tikar untuk beristirahat. Apalagi jika membawa bekal makan bersama (Botram/istilah makan bersama dengan Masakan Sunda di Tanah Pasundan) sambil menikmati suasana alam yang asri dan sehat di curug ini.

 

Wisatawan lokal di hari libur atau akhir pekan di luar Majalengka, banyak yang datang di lokasi obyek wisata curug ini dari berbagai daerah. Di antaranya dari Kabupaten Cirebon, Kuningan, Indramayu, Ciamis, Garut, Sumedang dan Tasikmalaya.

 

 Fasilitas yang tersedia di destinasi wisata curug ini berupa : Tempat parkir yang memadai, yang berawal tanah sekarang sudah pelesteran. Penyediaan sarana sanitasi sudah disebarkan ditaman bermain anak, sehingga sampah-sampah tidak berserakan.

 

Air terjun atau pun curug adalah obyek wisata pilihan utama di kawasan wisata ini. Namun jika traveler membawa keluarga besar dan anak-anaknya pun, ada beberapa pilihan wahana yang bisa memanjakan mereka. Kini tersedia  kolam renang anak-anak dan saung gazebo untuk beristirahat. Jika pengunjung gemar memancing, di Curug Cilutung  ini pun tersedia tempat pemancingan ikan.