Indonesian

Mengenal Misteri Pesona Kawasan Curug Sawer.

 

Para wisatawan yang akan menyambangi lokasi Curug atau Air Terjun/Curug Sawer Majalengka ini tentu butuh perjuangan dan kesabaran menuju lokasi obyek wana wisata ini. Karena lokasinya pun masih tersembunyi dan masih jarang traveler yang  mau berkunjung ke destinasi ini. Secara administratif, Curug Sawer pun berada di kawasan yang di kelola oleh Perum Perhutani Majalengka dan berada di ketinggian 900 sampai 1300 mdpl.

 

Tentu obyek wisata ini masih perawan dan butuh para pelancong yang mempunyai keberanian untuk datang ke lokasi. Keuntungannya tentu ibarat menemukan tempat baru generasi millenial atau pun gen z sangat menyukainya sebab spot instragramablenya kembali bertambah pilihan untuk dikunjunginya.

 

Perjalanan menuju Curug  Sawer yang berada di Desa Argalingga, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat ini Jaraknya 10 km dari sebelah timur Kota Maja. Apabila traveler dari pusat Kota Majalengka jarak yang ditempuh  21.5 km.

 

Jika wisatawan dari luar Majalengka yang menempuh perjalanan dari Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati maka selama 1 jam 26 menit waktu yang ditempuh dengan jarak sejauh 50,7 km melalui area Jl. Majalengka- Cikijing untuk dapat tembus tiba ke curug ini.

 

Traveler yang datang di wana wisata Curug Sawer ini pun akan berkesempatan untuk mengenal 5 keunikan curug ini. 5 curug yang airnya mirip upacara saweran. Sehingga curug ini dinamakan Curug Sawer.

 

Curug yang pertama dan kedua akan menggambarkan pemandangan alam yang eksotis dan di yakini sebagai tempat keramat. Adapun curug ketiga adalah tempat untuk area camping ground, karena di lokasi ini terdapat pohon-pohon hutan besar yang memberikan tantangan suasana lingkungan alam bagi wisatawan yang ingin camping di lokasi ini. Curugnya pun terdiri dari cadas dan bebatuan yang keras. Tempat itu biasanya digunakan untuk berolah raga turun tebing.

 

Dua curug terakhir yaitu, curug keempat dan kelima lokasinya berdekatan karena area tempat lokasinya cukup luas. Di lokasi ini pun traveler akan bisa menikmati suasana hutan alam yang masih perawan dan jika turun kabut akan terasa suasananya.

 

Untuk ke lokasi wisatawan bisa menggunakan kendaraan umum jika sudah sampai Terminal Maja, traveler pun bisa memakai jasa ojek untuk ke desa Argalingga. Kemudian melanjutkan perjalanan ke curug ini dengan berjalan kaki melewati perkebunan sayuran.

 

Keberadaan Curug Sawer ini fasilitasnya pun masih sangat minim sehingga wisatawan jarang yang mau datang dan mengunjungi lokasi ini. Jika traveler tertantang untuk datang ke lokasi butuh persiapan logistik yang matang ditambah dengan membawa tim wisata yang kompak juga pemandu wisata yang sudah berpengalaman mengenal lokasi curug. Karena menurut penduduk setempat atau pun wisatawan yang pernah datang ke wana wisata curug ini, kawasan lokasinya masih dianggap keramat dan penuh misteri.