Indonesian

Mengenal Pesona Unik Curug Baligo Majalengka

Keberadaan Curug atau Air Terjun Baligo yang berada di Blok Baligo, di Desa Padaherang, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat ini termasuk unik. Keunikan itu menjadikan wisatawan dan para pelancong tertantang untuk menuju lokasi wana wisata ini.  

 

Apalagi Lokasi curug ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Lokasi air terjun ini juga diapit oleh dua bukit yakni Bukit Baligo dan Bukit Padabeunghar yang arealnya masuk ke wilayah Kabupaten Kuningan.

 

Tentu traveler millenial di Majalengka dan daerah di sekitarnya sangat tertantang untuk sambangi lokasi ini. Begitu juga para pelancong diluar Majalengka. Karena tentunya selain lokasi  yang berada di kawasan TNGC para wisatawan pun mendapatkan lokasi baru untuk spot instragamable destinasi wisata alamnya.

 

Curug ini termasuk dikategorikan cukup unik sebab di bawah curug terdapat dua buah kolam yang secara alami menjadi ada karena limpahan air yang jatuh ke bawah. Sehingga terbentuk seperti : Adanya sungai kecil untuk penampungan air. Pesona unik ini pun bisa jelas terlihat ketika traveler memandang sungai kecil di bawah curug ini yang ketinggiannya mencapai kurang lebih 100 meter. Beberapa meter dari curug ini airnya pun sudah terasa seperti tetesan embun yang menetes. Air curugnya pun mengalir di sungai ini selebar 5 meter.

 

Air sungai itu menurut penduduk di sekitar lokasi curug, meski musim hujan tidak pernah kering. Airnya pun tetap jernih, karena air berasal dari mata air pengunungan, selain itu di sungai ini banyak terdapat bebatuan yang dapat memungkinkan menjernihkan air sungai tersebut.

 

Untuk menuju lokasi curug ini memang perlu ekstra hati-hati jika traveler ingin berkunjung. Apalagi untuk menuju curug tingkatan pertama yang jarang didatangi pengunjung karena harus menaiki tebing pertama atau naik ke atasnya lagi.

 

Untuk menempuh datang ke curug tersebut, wisatawan bisa menjangkaunya dari Lengkong Wetan, kemudian menuju Bumi Perkemahan Cipancar. Dari arah tersebut belok kearah kiri menuju Desa Padaherang.

 

Jika traveler dan para pengunjung perjalanan diawali dari Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati bisa melewati rute Jl. Jatibarang - Kadipaten dan Jl. Raya Pantura  maka waktu perjalanan 1 jam 48 menit dengan jarak tempuh 78,0 km untuk sampai di lokasi curug tersebut.