Indonesian

Pesona Eksotis Terasering Ciboer Pas Majalengka

 

Bagi traveler yang pernah menyaksikan film Eat, Pray, Love dengan pemeran utamanya dibintangi aktor kondang Julia Roberts tentu akan teringat Ubud Bali bukan? Ya karena syuting film di desa wisata itu yang dikenal sebagai pusat seni dan budaya. Di Ubud juga terkenal pesona eksotis sawah teraseringnya yang juga dijadikan brand memikat wisata lokal, nasional maupun mancanegara.

 

Jika traveler sambangi Majalengka untuk nikmati wisata alamnya, maka kembaran pesona eksotis sawah terasering mirip di Ubud bisa ditemui di Ciboer Pass. Lokasi destinasi ini terletak di Jl. Ciboer, Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

 

Pemandangan desa yang alami dan asri dapat dinikmati para wisatawan yang berada di Desa Wisata Bantaragung ini. Traveler dan para pengunjung pun yang terbiasa hidup di perkotaan yang jenuh dengan kemacetan maupun beragam polusi  tentu akan sangat menikmati view berjalan-jalan disekitar pesawahan desa ini.

 

Wisatawan pun bisa menggunakan sepeda untuk dikayuh sembari berolahraga menyusuri sepetak jalan di Kawasan Ciboer Pass ini dilatar belakangi view pemandangan Gunung Ciremai yang eksotis nan indah. Tentu momen itu sangat pas untuk diabadikan sebagai bahan untuk instragamable perjalanan wisata.

 

Waktu tempuh menuju lokasi destinasi ini apabila traveler lokal memulai perjalanannya dari pusat Kota Majalengka maka sekitar  setengah jam akan tiba di lokasi. Untuk sampai ke lokasi bisa melalui 3 jalur :

 

Akses rute pilihan pertama traveler bisa melalui Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh. Selanjutnya rute kedua pengunjung dapat mengambil jalur melewati Sindangpano menuju Bandar Agung. Adapun pilihan terakhir para pelancong pun bisa memulai dari Lengkong menuju Cipete kemudian mengambil jalan lurus ke arah Desa Payung. Jalur ini merupakan jalur favorit yang sering dilalui oleh para pecinta sepeda dari berbagai daerah ketika perjalanan menuju ke lokasi.

 

Jika wisatawan dari luar Majalengka yang perjalanannya diawali transit  di Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB)  Kertajati. Kemudian traveler melanjutkan ke lokasi terdapat beberapa pilihan rute perjalanan. Rute pertama jika melewati Jl. Tol Cikopo - Palimanan  maka jarak tempuhnya 1 jam 10 menit menempuh jarak 52,0 km. Apabila pengunjung melewati rute Jl. Raya Beber perjalanan ditempuh selama  1 jam 15 menit dengan jarak 44,2 km. Pilhan terakhir melewati Jl. Majalengka-Rajagaluh selama 1 jam 26 menit berjarak 52,3 km, pengunjung pun akan tiba di lokasi.

 

Beragam view alam eksotis pun bisa dinikmati para traveler ketika berada di lokasi seperti : Hamparan hijaunya pesawahan yang indah dan  terasering persawahan yang menakjubkan. Para pelancong pun bisa menikmati dan menelusuri jernihnya air sungai di kawasan pedesaan yang mengalir di kawasan ini. Sunrise dan Sunset pun dapat terlihat di tempat ini. Pengunjung yang ingin menginap di lokasi ini tersedia juga camping ground.