Indonesian

Pesona Menawan Curug Leles Majalengka

 

Wana wisata curug istilah dalam bahasa Sunda atau pun disebut air terjun ini keberadaanya sangat banyak berada di Majalengka. Jika traveler dan para pelancong  datang di Kota Angin ini maka akan ditemui beberapa pilihan curug-curug yang asri, menawan dan eksotis nuansa lingkungan alamnya untuk dikunjungi. Salah satu yang bisa dipilih yaitu, menyambangi Curug Leles yang berada di Desa Padaherang, Kelurahan Padaherang, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

 

Apabila traveler datang dari luar Majalengka dan transit kedatangan awalnya dari Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, maka untuk ke lokasi curug ini ada beberapa pilihan rute yang bisa dipilih untuk ditempuh, yaitu :

 

Jika melewati Jl Tol Cikopo - Palimanan  dalam waktu 1 jam 12 menit dengan jarak tempuh 51,2 km. Apabila melewati Jl. Raya Beber akan ditempuh selama 1 jam 17 menit, berjarak 43,3 km. Pilihan terakhir para wisatawan melalui Jl. Jatibarang - Kadipaten/Jl. Kertajati - Kadipaten dan Jl. Tol Cikopo-Palimanan perjalanan selama 1 jam 20 menit jarak tempuhnya  60,1 km baru para pelancong akan tiba di lokasi curug ini.

 

Destinasi wisata alam Curug Leles ini sebenarnya lokasinya berada berdampingan di Bumi Perkemahan Cileles Sindawangi. Tepatnya di bumi perkemahan blok A dan blok B. Traveler sebenarnya bisa langsung menemukan aliran Sungai Curug Leles ini, setelah melakukan pembelian tiket masuk lokasi wana wisata.

 

Panorama dekorasi bebatuan yang bertingkat memukau dan menjadi aliran curug dari Sungai Cileles ini pun dapat dinikmati oleh  para wisatawan. Di aliran sungai ini dapat ditemui jembatan besi dan dapat dijadikan spot instragamableoleh para traveler dan pengunjung. Di aliran sungai ini pun terdapat outbound jembatan dengan satu tambang yang besar. Apabila pengunjung menyukai permainan adrenalin bisa untuk mencobanya! Jangan khawatir permainan tersebut jika traveler mencobanya akan dibimbing dan dipandu oleh pemandu yang ramah.

 

Para pengunjung wana wisata ini pun untuk menuju ke Curug Leles butuh perjuangan karena belum terdapat akses jalan kaki khusus. Sehingga traveler  harus menyusuri dataran yang berada disamping aliran sungai mengarah ke curug. Perjalanan pun semakin eksotis sebab berjalan diatas bebatuan kecil hingga besar. Curug ini pun secara topografi mempunyai elevasi 6-7 meteran. Curahan dari air terjun ini terasa dingin dengan debit air terjun yang cukup besar.

 

Catatan terakhir yang harus diselipkan dan diingat oleh traveler jika ingin ke lokasi curug ini, karena lokasinya berada di satu kawasan wana wisata yang sama! Maka ketika berkunjung ke curug ini para wisatawan  pun sebaiknya sambil berkemah sehingga dapat lebih menikmati : ‘Pesona Menawan Curug Leles Majalengka’ ini dalam waktu yang lebih lama.