Indonesian

Keindahan Alami Curug Kapak Kuda Majalengka

 

Curug (Istilah di tanah Pasundan) Kapak Kuda termasuk curug (Air terjun) yang masih perawan sebab belum banyak dikunjungi wisatawan. Letak lokasi curug ini terletak di Dusun Tapak Kuda, Desa Sadawangi, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

 

Pasti traveler, wisatawan  dan para pelancong millenial tentu sangat penasaran kan? Untuk mendatangi wana wisata alami ini. Bagi traveler yang akan menyambangi curug yang berada di Desa Sadawangi ini akan menempuh jarak 45 km dari Kota Majalengka. Dan  bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor sekitar 1.5 jam. Adapun  wisatawan dari luar Majalengka yang transit tiba dengan diawali singgah di Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Untuk menuju lokasi ini akan menempuh perjalanan selama 2 jam 5 menit dengan jarak tempuh 70,9 km. Akan melalui rute perjalanan melewati Jl. Majalengka – Cikijing hingga tiba di kawasan lokasi curug ini.

 

Curug (Air terjun) ini juga mempunyai sebutan lainnya yaitu : Curug Tapak Kuda. Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 20 meter. Jika berkunjung ke lokasi curug ini, wisatawan pun selama di perjalanan hingga tiba di lokasi akan mendapati view suguhan alam yang asri dan indah berupa kawasan yang dikelilingi oleh perbukitan hijau dan hamparan terasering persawahan nan eksotis.

 

Curug ini terdiri dari 2 tingkatan. Aliran airnya melewati lembah sempit. Tingkatan pertama lebih tinggi dari tingkatan kedua. Air terjun ini juga menjadi sumber air warga setempat di desa sekitar curug. Aliran airnya sebagian besar disalurkan melewati pipa-pipa yang dialirkan ke rumah-rumah. Sisanya disalurkan melewati saluran air irigasi kecil untuk pengairan sawah-sawah warga.

 

Tentunya pas untuk traveler berhobi fotografer untuk datang ke lokasi menikmati alam indah curug ini yang sangat pas untuk spot alami instragamable. Letak curug pun cukup tersembunyi, pelancong yang datang ke kawasan ini perlu untuk melalui jalan-jalan setapak juga pematang sawah sehingga perlu hati-hati selama di perjalanan.