ZONA PRIANGAN - PT BIJB (Bandar Udara Internasional Kertajati Jawa Barat) berikan diskon besar-besaran bagi maskapai yang bersedia melakukan penerbangan ke Bandara Kertajati.

 

Diskon besar juga diberikan kepada trasnportasi angkutan darat yang melakukan kerjasama dengan PT BIJB yang melakukan antar jemput penumpang bandara.

 

Hal itu untuk mendorong adanya penerbangan kembali ke Kertajati yang hingga kini belum mulai beraktifitas sejak pandemi melanda semua belahan dunia yang berdampak pada lesunya kegiatan penerbangan ke Kertajati sejak Mei lalu.

 

Saat ini belum ada maskapai yang bersedia kembali melakukan penerbangan ke Kertajati karena jumlah penumpang minim. Tingkat keterisian penumpang masih dibawah 50 persen, jika dipaksakan maskapai akan merugi.

 

Vp of Corporate Secretary and Public Communication PT BIJB Handika Suryo Syaiful, mengungkapkan diskon juga berlaku bagi parkir pesawat serta tenan yang disiapkan di terminal Bandara Kertajati, baik yang berada di luar maupun di bagian dalam.

 

Disampaikan Handika, sambil menunggu kebangkitan penumpang yang melakukan penerbangan ke Bandara Kertajati, pihak manajemen kini terus mendorong agar segera terealisasinya penerbangan umroh dan kargo dari BIJB.

 

“BIJB terus berkoordinasi dengan para pelaku kargo dan operator untuk merealisasikan penerbangan kargo dari BIJB,” ungkapnya.

 

Dia bersyukur, Bandara Kertajati juga sudah menjadi salah satu bandara yang melayani pemeriksaan keimigrasian salah satunya untuk umroh. Surat Dirjen Imigrasi mengenai hal tersebut telah diterima pihak PT BIJB pada 8 Desember lalu. Sehingga hal itu memupus keraguan masyarakat akan pelayanan haji dan umroh dari Bandara Kertajati.

 

“Kaitan dengan Covid beberapa waktu lalu memang hanya ada 7 bandara yang melayani keimigrasian umroh, namun sekarang Bandara Kertajati sudah masuk sebagai bandara yang melayani keimigrasian tersebut,” katanya.

 

Kontrak kerja antara PT BIJB dengan maskapai penerbangan umroh juga masih berlaku yakni dengan Garuda Indonesia. Hanya kini untuk melayani umroh tersebut, persoalannya sekarang menunggu Pemerintah Arab Saudi untuk membuka kembali perjalanan umroh.

 

Persoalan lain yang kemungkinan menjadi sedikit hambatan adalah adanya pembatasan usia bagi jemaah umroh yang mengharuskan usia 50 tahun ke bawah. Sementara rata-rata jemaah yang berangkat umrohdiatas usia 50 tahun.

 

“Sekarang ini semua fasilitas di Bandara Kertajati untuk penerbangan umroh juga penerbangan antarnegara sudah siap karena Imigrasi telah menerbitkan surat pelayanan keimigrasian, mudah-mudahan Covid-19 segera berlalu agar trasnportasi udara bisa normal kembali dan BIJB bisa melayani penerbangan ke sejumlah tempat seperti sebelumnya," ungkap Handika.***

Indonesian

Leave a comment

Filtered HTML

  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Tag HTML yang dibolehkan: <a> <em> <strong> <cite> <blockquote> <code> <ul> <ol> <li> <dl> <dt> <dd>
  • Lines and paragraphs break automatically.

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.